• April 2008
    S S R K J S M
    « Mar   Mei »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Jumlah Pengunjung

    • 121,866 hits

Agama Nasrani

PENDAHULUAN

            Sejarah bagaikan roda yang terus berputar, berjalan dan melaju di atas peradaban manusia, yang dimulai dengan kelahiran, perkembangan, pertumbuhan, kehancuran atau malah akan semakin maju, sebagimana agama Nasrani. Melihat aspek historis nenek moyang Agama Nasrani yang biasa dikenal dengan sebutan agama Kristen adalah agama yang diwahyukan serangkaian dengan agama Yahudi dan berkaitan dengan agama Islam yakni dari Nabi Ibrahim (Abraham). Dan ada juga yang berpendapat ketiganya–Yahudi, Kristen, Islam–merupakan buah dari “Proses Evolusi” Agama-agama primitive.[1] Dari semua agama yang dianut oleh umat manusia, agama Nasrani/Kristenlah yang paling luas tersebar di muka bumi ini, dan yang paling banyak pengikutnya. Dalam sejarahnya yang telah berusia lebih dari 2000 tahun itu, agama Kristen telah tumbuh dalam berbagai bentuk yang mengagumkan. Meskipun, secara internal terpecah menjadi tiga Gerakan yaitu Gereja Roma Katolik, Gereja Ortodok Timur, dan Gereja Kristen Protestan.

Berangkat dari inilah, dalam makalah ini akan mencoba menguraikan salah satu aliran atau gerakan Kristen tersebut, yaitu agama Katolik, yang dimulai dari pengertian, asal-usul dan perkembangnya, kemudian dilanjutkan dengan sumber-sumber dan pokok-pokok ajarannya serta agama Katolik di Indonesia sebagai suatu pemahaman. Hal ini tidak berarti bahwa setiap orang akan setuju segala hal-hal yang akan diuraikan. Agama Kristen merupakan suatu fenomena yang demikian kompleksnya, sehingga sukar untuk mengatakan suatu yang penting mengenainya yang akan disetujui oleh semua orang. Karena itu perlu diingat, bahwa apa yang akan diuraikan adalah suatu penafsiran. Namun telah diusahakan agar penafsiran tersebut menyangkut hal-hal yang dipercayai bersama, setidak-tidaknya mengenai hal-hal yang pokok.

 

PEMBAHASAN

A. Pengertian Asal-Usul dan Perkembangan Agama Katolik

            Agama katolik adalah suatu agama yang digunakan untuk menyebut agama Kristen yang berpusat di Vatikan, Roma. Agama ini dikenal dengan nama “Agama Kristen Katolik”, hal ini karena dari histories sangat erat kaitannya dengan agama Kristen di Nazerat (Nasirah) dengan tokohnya adalah Yesus kristus pada tahun ke-4 SM, tetapi sebagian ada yang berpendapat antara tahun 7-5 SM. Istilah katolik berasal dari bahasa Yunani “kathoikos” yang berarti “am” maksudnya agama katolik adalah agama yang bersifat universal, dalam arti untuk semua manusia, sehingga gereja harus menyebarluaskan ajarannya ke seluruh dunia atau juga yang berarti ajarannya terbesar di seluruh dunia.[2] Lebih lanjut lagi dari arti “katolik” dianggap sebagai nama ajaran gereja yang dipandang benar, hal ini diperkuat dengan adanya doktrin kepercayaan katolik sebagimana tercantum dalam kredo (Sumpah Setia) Nicea. Hasil konsili tahun 325 M, dan konsili konstantinopel tahun 381 M, yang menyatakan bahwa “aku percaya gereja yang suci, am, dan rasuli”. Bisa juga berarti nama dari ajaran Gereja yang benar atau kepercayaan ortodoks sebagai lawan ajaran-ajaran bid’ah. Bila dikaitkan; gereja bisa berarti  “am” maksudnya : perkembangan gereja itu merupakan pertanda kebenaran ajaran para rasul selain bahwa fereja bersifat universal.[3]

            Tidak diketahui dengan pasti kapan dan siapa yang membawa agama Kristen masuk untuk kali pertama ke Roma, karena sejumlah pendapat dapat dianggang sebagai kemungkinan-kemungkinan. Pertama, adanya seorang warga Roma yang bernama Korneilus bersama keluarganya telah Dibaptis oleh Petrus untuk masuk agama Kristen, yang kemudian menyebarluaskan ajaran ini setelah ia kembali ke Roma. Kedua, Petrus sendirilah yang menyebarkan di Roma. Ketiga, adanya hubungan dagang yang baik antar Roma dan Palestina.  Keempat,. adanya golongan Kristen yang terdiri dari orang Yahudi-Roma, hadir pada Pantekosta di Yarussalem. Keenam, agama Kristen dibawa oleh Paulus ke Roma, karena Pauluslah orang yang dianggap sangat gigih untuk keluar batas “keYahudian” meskipun ia tidak termasuk salah satu dari murid Yesus.[4] Dan yang terahir inilah yang banyak disepakati.

            Di tangan Paus Pauluslah agama Kristen menyebar menjelajahi wilayah Mediterania Timur hingga mencapai Roma sehingga berhasil membentuk komunitas kecil atau gereja-gereja.[5] Di Roma agama Kristen berkembang pesat, bahkan pada tahun 380 M, menjadi agama kekaisaran Roma.[6] Akan tetapi ketika bangsa Hun di bawah pimpinan Attila abad ke-5 mengobrak-abrik Roma ibukota Imperium Roma, resmi ibu kota Roma pindah ke Konstantinopel. Kondisi ini berpengaruh kepada adanya persaingan antar Paus di Roma dan di Konstantinopel dalam masalah kedudukan secara politik. Dan dari sinilah kemudian pada tahun 1054 M, agama Kristen terjadi pemisahan menjadi Gereja Roma katolik di Barat dan Gereja Grik Ortodoks di Konstantinopel.  Lebih jauh lagi pada abad ke-16 terjadi protes atas otoritas Paus di Vatikan yang melahirkan Kristen Protestan. Oleh karena itu, dalam agama Kristen terdapat perbedaan-perbedaan ajaran di antara tiga gerakan tersebut.

 

B. Sumber-Sumber Pokok Agama Katolik

  1. Kitab Suci

Sebagaimana agama lain, agama Kristen mengakui bahwa merekapun memiliki kitab suci yang mereka yakini sebagi sumber dan pandangan hidup. Kitab suci agama Kristen adalah “Kitab Injil” atau “Bibel” dan  juga bisa dinamakan “Alkitab” yang terdiri dari perjanjian lama dan perjanjian baru.

  1.  
    1. Perjanjian Lama, menurut gereja katolik, jumlah kitab suci yang terhimpun adalah 49 buah, selisih lebih banyak dari yang diakui protestan, kesepuluh kitab yang tidak diakui disebut “Deuterokanomika” yaitu kitab-kitab dongeng atau jiplakan yang tidak termasuk kanon Yahudi.
    2. Perjanjian Baru, istilah ini mempunyai arti, “tata cara keselamatan yang diadakan Allah dalam diri Yesus”. Isi perjanjian baru mencakup 27 kitab, yang terdiri dari 4 injil, yaitu Markus (60 M), Matius (70 M), Lukas (75 M), dan Yahya (100 M). Dari keempat ini dikarang oleh manusia, namun menurut kepercayaan kristiani penulisnya mendapat bimbingan dari Roh Kudus yang diinspiratori oleh Allah.
  2. Tradisi

Tradisi yang ada dalam gereja dipandang sebagai sumber kebenaran, yang disamakan dengan kitab suci. Kekuasaan gereja terbagi menjadi dua macam, yaitu pertama, Traditio Dekratative yang artinya gereja merupakan satu-satunya badan yang dapat menerangkan isi kitab tanpa berbuat salah. Kedua, Traditio konstituve, yaitu gereja mempunyai tradisi yang melengkapi isi kitab Suci.  

  1. Penagakuan Iman Rosuli

Pengakuan Iman Rosuli merupakan ringkasan yang di hasilkan dari kesepakatan-kesepakatan antar jemaat mengenai keyakinan iman (rumusan-rumusan hasil “konsili”), lazimnya dipakai dan diucapkan oleh siapa saja yang menerima pembaptisan. Termasuk juga Kalekismus yaitu sebuah buku yang disusun dalam bentuk tanya jawab tentang keimanan.

 

C. Pokok-pokok Ajaran Agama Katolik

            Pada dasarnya Yesus belum komprehensip meninggalkan ajaran-ajaran agama Kristen termasuk di dalamnya juga masalah teologi. Itulah sebabnya pembahasan tentang teologi dalam agama Kristen terjadi perbedaan pendapat. Namun berdasarkan konsili-konsili ditetapkan bahwa teologi Kristen katolik adalah sebagaimana tercantum dalam Kredo Iman Rasuli, yaitu Tritunggal yang terdiri dari  Allah Bapa, Allah Anak, dan Tuhan Roh Kudus.[7] Hal ini merupakan monoteisme dalam agama Kristen. Yang ketiga oknum tersebut terdiri dari satu Zat (Tuhan). Sedangkan ajaran tentang Syariatnya dan etika identik dengan ajran agama Yahudi yang tertuang dalam Taurat (Perjanjian Lama dalam agama Kristen).

            Di samping ajaran teologi yang harus dijadikan dasar (iman Kristen) ada juga amal wajib yang harus dilakukan yang disebut Sakramen, yaitu suatu perbuatan dan perkataan sebagai rahmat serta keselamatan, yang pada prinsipnya dikerjakan oleh roh kudus dengan perantara seorang iman (Uskup atau Pastur), amal tersebut meliputi tujuh rangkaian, yaitu;

1)      Pembaptisan yaitu sakramen pensucian.

2)      Pengukuhan yaitu pengukuhan kembali atas pembaptisan pada masa kanak-kanak.

3)      Jamuan suci, yaitu sakramen pemecahan roti suci dan pembagian anggur yang sudah distabilkan.

4)      Pengakuan yaitu sakramen taubat.

5)      Sakarat, yaitu sakramen yang dilakukan padan saat menghadapi sakarat.

6)      Pentasbihan Sakramen atas penobatan iman.

7)      Sakramen pada waktu perkawinan berlangsung.

Kemudian ajaran dasar yang lain adalah ajaran tentang paham “Kuasa Mengajar Gereja” yaitu hak otoritas menafsirkan Alkitab oleh gereja yang dilakukan oleh mahkamah agung, Gereja yang utama adalah gereja yang ada di Vatikan sebagai sentra agama Kristen Katolik. Kemudian paham tentang kuasa mengajar ini menimbulkan paham bahwa Paus tidak sesat (infiibitasi).  Ajaran tentang infiibitasi Paus, menyatakan bahwa jika Paus secara resmi berbicara mengenai masalah iman dan moral, Tuhan melindunginya dari kemungkinan keliru.[8]

 

D. Agama Katolik di Indonesia

            Ada dugaan bahwa agama Kristen sudah sampai ke Indonesia lebih seribu tahun lalu. Tetapi data sejarah yang ada mengungkapkan bahwa agama Kristen masuk ke Indonesia bersamaan dengan datangnya bangsa barat pada Abad XVI. Kemudia orang Indonesia mulai masuk Kristen kali pertama di Maluku, oleh pekerjaan imam Gereja Roma Katolikyang datang bersama pedagang Portugis. Pada masa itu terjadi persaingan antar kekuatan politik,dengan bangsa belanda yang notabennya Kristen Protestan. Persaingan itu akhirnya dimenagkan oleh Belanda dengan perusahaan dagang VOC. Pihak portugis terusir meninggalkan jemaat-jemaat Roma Katolik yang kemudian besarnya diprotestankan.[9] Setelah peristiwa ini, kemudian Gereja Protestanlah yang lebih pesat perkembangannya di Indonesia.

            Pada abad XVIII VOC bangkrut dan membubarkan diri yang diakibatkan karena korupsi pegawainya. Kemudian pemerintah kolonial menangani secara langsung kehidupan umat Kristen dengan membentuk suatu gereja Protestan pemerintah-Inische Kerrk- tepatnya pada tahun 1835. Dari  Inische Kerrk inilah lahir Gereja-gereja Etnis yang besar di Indonesia bagian Timur, yaitu Gereja Masehi Injili Minahasa, gereja Protestan Maluku, dan Gereja Masehi Injili di Timor. Jemaat-jemaat lainya tergabung dalam satu sinode tersendiri, yaitu Gereja protestan di Indonesia bagian Barat.

            Meskipun demikian, ternyata perlahan tapi pasti gereja katolikpun masih ikut berkembang dan masih eksis sampai sekarang. Hal ini dibuktikan dengan jumlah gereja katolik yangterdapat di 33 (34) wilayah di Indonesia. Dengan lebih kurang lima juta anggota Gereja[]. [10]

 

EVALUASI KRITIS

            Agama katolik merupakan salah satu gerakan yang terdapat dalam agama Kristen atau Nasrani yang dibawa oleh Yesus, dan disebar luaskan oleh Paulus. Ia adalah seorang yahudi yang dahulunya pernah menganiaya orang Kristen, namun ia sadar dan merasa dimarahi yesus. Kemudian untuk membalas dosa-dosanya ia berusah menyebarkan agama Kristen keluar Nazaret.

Nama katolik sendiri dipergunakan untuk menyebut agama Kristen yang berpusat di Vatikan, Roma. Ketika dikaitkan dengan pembawa pertamanya, seolah-olah ajaran Katolik sudah terputus, karena Paulus tidak bertemu langsung dengan Yesus. Meskipun demikian, menurut kepercayaan mereka Paulus dalam membuat rumusan ajaran Kristen baik dalam teologi ataupun etika mendapat bimbingan langsung dari Allah dan Paulus adalah orang suci yang tidak mungkin salah.

Agama katolik mempunyai kepercayaan Monoteis yang konsepnya berbeda dengan agama monoteis lainnya. Yaitu konsep Trinitas, Tuhan memang Esa tetapi dia bisa menjadi Esa jika “Dia Bertiga”, dan tidak ada Tuhan yang Esa, kecuali di dalam dan melalui Trinitas. Tentu saja, Yudaisme dan Islam mengemukakan keberatan-keberatan terhadap doktrin Kristen. Namun, setidaknya kita sebagai umat yang masih mengakui adanya Tuhan tidak sepantasnya saling mengklaim yang paling benar. Karena kebenaran itu sifatnya relative dan kebenaran hanya hakiki hanya milik ilah semata. Serta pada dasarnya kita semua mengarah pada satu dzat yang Mutlak. Kemudian yang terpenting bagi warga Indonesia, dalam hal meyikapi keberagamaan adalah bagaimana kita dapat hidup berdampingan secara damai, rukun dan saling toleransi antar umat beragama tanpa adanya konflik apapun. Meskipun kita sebagai umat Muslim jika dilihat baik ajaran teologi maupun Historisnya yaitu masuk lewat ekspansi yang dilakukan oleh para penjajahan Barat, tetapi mengenai ajaran tentang kemanusiaan memiliki nilai-nilai filosofis yang sama[].

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Adeng Muchtar Ghazali, 2004, Agama Dan Keberagaman Dalam Konteks  Perbandingan Agama, CV Pustaka Setia, Cet. I, Bandung                            

Bahri Ghazali, 2005,  Agama Masyarakat Pengenalan Sejarah Agama-agama, Pustaka Fahima, Cet. I, Yogyakarta.                                                                

Djam’annuri, 2000, Agama Kita Persepektif Agama-Agama Sebuah Pengantar, Lesfi,  Cet. I. Jogjakarta                                                

Emile Durhem, 2003, Sejarah Agama,The Elementary Froms Of The Religious Lif e, Terj.Inyiak Ridwan Muzir, IRCiSoD, Cet. I. Yogyakarta                              

Hugh Goddard, 2000, Menepis Standar Ganda, Membangun Saling Pengertian Muslim-Kristen, terj. Ali Noer Zaman, Qalam, Yogyakarta                            

Huston Semit, 2004, Agama-Agama Manusia, Yayasan Obor Indonesia, Cet. VII,  Jakarta                                                                                                   

Agustin Adelbert, dkk., Gereja dan Kontekstualisasi, (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan,               Cet. I, 1998),

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



[1]Lihat dalam sinopsis  buku Emile Durhem, Sejarah Agama ,The Elementary Froms Of  The Religious Lif e, Terj. Inyiak Ridwan Muzir, (Yogyakarta: IRCiSoD, Cet. I, 2003).

[2] Bahri Ghazali, Agama Masyaraka Pengenalan Sejarah Agama-agama , (Yogyakarta: Pustaka Fahima, Cet. I, 2005). hlm. 140.

[3]  Mudjahid abdul Manaf, Sejarah Agama-Agama, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, cet. II. 1990). Hlm. 95.

[4]Adeng Muchtar Ghazali, Agama Dan Keberagaman Dalam Konteks Perbandingan Agama, (Bandung: CV Pustaka Setia, Cet. I, 2004), hlm, 80.

[5]Hugh Goddard, Menepis Standar Ganda, Membangun Saling Pengertian Muslim-Kristen, terj. Ali Noer Zaman, (Yogyakarta: Qalam, 2000), hlm,32.

[6] Huston Semit, Agama-Agama Manusia, ( Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, Cet. VII, 2004), hlm. 392.

[7] Djam’annuri, Agama Kita Persepektif Agama-Agama Sebuah Pengantar (Yogyakarta: LESFI, Cet. I, 2003), hlm. 81. 

[8] Huston Semit,……..hlm.394.

[9] Agustin Adelbert, dkk., Gereja dan Kontekstualisasi, (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, Cet. I, 1998), hlm. 14.

[10] Djam’annuri,……..hlm. 78.

About these ads

24 Tanggapan

  1. Salam
    Membaca paparan anda, nampak sekali bahwa anda hanya tahu sedikit ttg Gereja Katolik.
    Salah satu contoh adalah pernyataan anda bahwa Paulus adalah pembawa (?) agama kristen di Roma!
    Agama Katolik berpusat di Roma karena di Romalah Paus I (dan juga yg membawa kekristenan ke Roma) yaitu St.Petrus meninggal dan dimakamkan!
    Petrus adalah murid terutama dari Yesus, sehingga tidak ada kesenjangan dalam ajaran Katolik.
    Paulus sendiri belum pernah menjadi seorang Paus!
    Dan penyebaran Agama Katolik dilakukan bukan hanya oleh Paulus, tetapi justru oleh ke 12 murid Yesus, yg dalam tradisi Gereja adalah seorang Uskup!
    Masih banyak hal yg perlu diluruskan…. tetapi saya harap anda bisa mengkoreksi sendiri dengan sumber resmi yg sudah banyak tersedia

    Tuhan memberkati anda
    terima kasih

  2. trims.atas infonya .

  3. Tanggapan Krusial antara Alquran Vs Alkitab.

    1. 100% Allah Islam tidak sama dengan Allah Kristen
    2. Isa yang tertulis dalam Alquran tidak sama dengan Yesus Kristus dalam Alkitab 100%
    3. Karena kedua tulisan dan keyakinan tidak ada hubungan sama sekali, maka tidak dapat dibahas ataupun didiskusikan, percayalah, dan pasti… jamin 100% tidak berhubungan apapun, satuhuruf pun antara Alquran dengan Alkitab.tidak ada hubungannya 100%. karena itu untuk apa dibahas? Guna apa? mau anda apa dalam hal ini?

  4. salam…ada maklumat ttg penggunaan kalimah ketuhanan dalam kristian tak? syukran

  5. siapa sebenar nya yesus itu:tuhan apa manusia apa bedanya yesus dg allah

  6. saya sangat tertarik membaca bacaan tsb, menurut saya, apapun itu… sewajarnya kita menghargai satu sama lain agar dapat tercipta masyarakat yang tentram

  7. salam…………….
    menurutku, semua agama mengajarkan kebaikan,.tetapi,,perbedaan antara islam dan kristen,sudah terlihat,,,,,,
    jadi islam is the bbbbbbbbbbbeeeeeeeeessssssst!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. satu hal yang bisa jadi ingatan,,
    bukan agama yang bikin masuk surga…
    tapi sesuatu yang lebih besar dari agama, ya itu tuhan itu sendiri,,,

    dari sekian agama, mereka hanya mencari anggota, mencari bagaimana cara menjadi agama terbesar didunia, menjadi penguasa atas nama agama, menjadi panutan atas nama baik mereka sendiri,, menjadi penguasa perang atas nama agama..
    dan membuat dunia mereka sendiri,,

    dengan semua itu, mereka lupa akan tuhan, dengan terlalu membanggakan agama mereka sendiri…
    yang katanya mengatas namakan tuhan

    tak ada yang menyangka, kalo itu jadi kepercayaan..
    karna mereka sudah terpatri pola pikir keras yang mengatas namakan agama…
    baik buruk nya agama lain, mereka berpikir mereka lah yang terbaik. tanpa peduli bahwa mereka yang bukan bagian dari agama mereka adalah mahluk yang diciptkan oleh tuhan mereka..

  9. menurut orang2 agama samawi ada 3,,,tapi menurut aku pribadi cuma ada 1 yaitu agama yang bertauhid,atau yang menyembah kpd 1 tuhan,,,YAITU AGAMA ISLAM…

  10. Orang baru akan tahu, bila mempelajari semua agama yang ada secara detail. Dan kesimpulan terakhir adalah hanya ISLAM yang layak disebut agama, yang sedemikian mengatur kehidupan manusia dalam hubungannya dengan Tuhannya, dengan sesama manusia, dan dengan lingkungan secara baik. Bila dibandingkan dengan agama lainnya betul-betul agama lain tadi tidak level.
    Tidak percaya !!!
    Silahkan dibuktikan sendiri !!!
    Maka adalah sudah seharusnya orang-orang menemukan Islam sebagai agama yang benar dan berbondong-bondong memeluknya !!!
    Fenomena yang demikian terjadi di Amerika, Eropa, Australia yang mana informasi Islam baru dapat diperoleh dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini.

  11. kalo menurut kamu tu yang baik,,, silakan lanjutkan sesuai ajaran agama mu

    dan saya yakin kog kalo Agama saya juga mengajarkan untuk mengarah ke jalan yang benar…

    kalo memang mau menjadikan agama mu untuk menguasai negara ini Ubah aja pancasila Menjadi Pancaislam…..

  12. jika dalam diri manusia terdapat kebencian, iri hati, kesombongan, emosi, kemarahan,dan terdapat jiwa perusak sesungguh dialah MANUSIA TIDAK BERAGAMA.

    tetapi manusia yang mempunyai cinta kasih, saling menghormati sesama sesungguhnya dialah MANUSIA BERAGAMA SEJATI.

    sesungguhnya ALLAH tidak pernah memerintahkan umatNya untuk berperang, tetapi ALLAH memerintahkan umatNya untuk saling mengasihi sesama.

    WAhai sodaraku berhati-hatilah terhadap syaitan/iblis, melalui jaringan INTERNET syitan/iblis sudah berkeliaran,
    Bukti ;1) statment/tulisan yang membuat opini publik sehingga berakibat perpecahan SARA(suku,agama,ras) di indonesia.
    2) vidio/gambar porno
    3) judi, pencuri, bahkan berZINAH lewat internet.

    SURGA dan NERAKA, anda sendiri yang menentukan,
    agama hanyalah sebagai kendaraan dan andalah pengemudinya.

  13. salam… agama kristian sma x ngan agama matahari

  14. Semua agama itu baik adanya.percuma kalau kita percaya dan sangat yakin akan kepercayaan kita,sementara keyakinan dan kepercayaan oranglain tidak dihargai.Tuhan mengajarkan kita untuk saling mengasihi bukan untuk saling memegah-megahkan diri.Ingatlah bahwa kita itu 1 yaitu Tuhan.Baik kristen protestan,kristen katolik maupun islam,sama-sama bisa menyebut nama Tuhan.Maka dari itu,agama jangan dijadikan suatu permasalahan hingga terjadinya perpecahan diantara kita.Kasihilah sesamamu manusia seperti kamu mengasihi Tuhanmu sendiri.
    Tuhan memberkati.

  15. Biar Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Jua. Walaupun berbeda aliran tapi tujuan kita satu. jangan membawa nama agama karna itu yg bisa menimbulkan percecokan antar sesama. Kita jalani saja menurut keyakinan kita masing-masing.

  16. Assalam…sudah jelas di terangkan di dalam surat al-fatihah bahwa kristen atau nasrani itu sesat, di antaranya manusia d anggap tuhan dan ini sangat menyesatkan.

  17. Allajh itu tidak membeda bedakan seseorang baik buruknya kembali ke diri masing masing Allah sudah menciptakan surga & neraka sebelum manusia turun ke dunia.yang penting laksanakan ibadah,tidak sombong,berbuat baik,berlomba lomba untuk kebaikan,agar Allah memberi kita tempat yang terbaik amiiiin.

  18. Haii babi, Yesus nda pernah membawa agama.. blajar dari abad 1, Yeshua Hamasiakh yang benar, Nasrani itu artinya Nazaret, Nasrani bukan Kristen. Muhammad nikah dng istri pertama dng cara nasrani. Babi bodoh.

  19. pak minta tolong buatin artikel tentang hosti….tulisan berisi tentang syarat bagi yang menerima hosti dengan tata cara penerimaan nyaa….
    saya sedang menulis skripsi tentang penodaan agama di flores NTT mengenai pencemaran hosti..
    kendala saya selama ini susah mendapatkan literatur.
    mohon bantuannya..

  20. Masih pantaskah kita berbeda?

  21. bagi yg memilih beraga islam,jngan jdi ngehina agama nasrani
    emangnya di bumi ini hnya ada 1 agama,yaitu:islam
    jdi jngan ngehina agama orng lain dan jngan pksa mreka ntuk memeluk agama trsebut

  22. Lakudinnikum waliyaidin

  23. bukan kah setiap ajaran suatu agama itu sama,, setiap agama mengajarkan tentang kebaikan dan cinta kasih, agama jg mengajarkan kita bagai mana mengasihi sesama manusia n seluruh ciptaan sang pencipta, hanya saja yang membedakan antar setiap agam adalah cara kita memuji Tuhan Allah qta… apa alasan yang membuat saudara lucyana verda angela dapat mengatakan bahwa Islam adalah agama yg lebih baik dr yg lain………

  24. Agama macam apa yang mengajarkan umatnya untuk mencela, meremehkan dan menghina agama orang lain ?? ajaran macam apa yang mengajarkan umatnya mencaci maki sesama manusia dan agama orang lain ?? jadi kesimpulannya, ajaran dan agama mana yang sesat ?? jangan mencela, meremehkan dan menghina agama orang lain pabila ajaran agamamu sendiri belum kau jalani dan amalkan dengan benar !! kata-kata yang keluar dari bibir mulutmu haruslah pujian untuk Tuhanmu bukan caci maki seperti itu.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: