• Juni 2008
    S S R K J S M
    « Mei   Agu »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

MAKLOEMAT

MAKLOEMAT PPKI
Rabu, 15 Agustus 2007 23:23:43

Panitia Penyempurnaan Kemerdekaan Indonesia/PPKI
(PMII, GMKI, GMNI, IPNU, HIKMAHBUDHI, KMHDI, IRM, IMM)

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia, Ikatan Remaja Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

****

Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 merupakan hasil jerih payah para pejuang sekaligus anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Sungguhpun merupakan titik krusial bagi perjalanan bangsa Indonesia untuk keluar dari penjajahan bangsa Asing, kemerdekaan sama sekali bukanlah titik final perjuangan kebangsaan dan ke-Indonesiaan. Cita-cita luhur Indonesia adil dan makmur, nyata-nyata tidak otomatis mewujud pasca kemerdekaan.

Kemerdekaan justeru merupakan entry point bagi perjalanan bangsa kepada fase selanjutnya. Karenanya, mengisi kemerdekaan dengan karya dan perjuangan nyata merupakan tanggung jawab generasi saat ini dan masa depan. Estafet kepemimpinan menjadi bagian tak terpisahkan dari proses penciptaan Indonesia sebagaimana yang dicitakan.

Sayangnya, 62 tahun berlalu pasca proklamasi, Indonesia belum juga mencapai kemerdekaan yang sesungguhnya. Secara de jure, kemerdekaan Indonesia masih mengalami ganjalan yang cukup mengganggu karena belum adanya pengakuan secara resmi oleh Belanda terhadap kemerdekaan Indonesia 1945. Pengakuan ini penting mengingat selama 350 tahun lebih Belanda melakukan penjajahan terhadap bangsa Indonesia.

Sementara secara de facto, penjajahan dan penindasan dalam segala bentuknya yang baru oleh para ‘penghianat kemerdekaan’, masih manifest di dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Maka diperlukan reaktualisasi makna kemerdekaan sekaligus implementasi semangat ke-Indonesia-an secara lebih bermartabat dan berkeadilan.

Dengan latar belakang beberapa hal tersebut, maka kami menganggap kemerdekaan Indonesia belum mencapati titik sempurna. Maka dari itu diperlukan langkah-langkah penyempurnaan kemerdekaan agar Indonesia segera mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya. Menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke-62, kami dari Panitia Penyempurnaan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menyatakan tekad:

Menuntut kepada Negara Belanda untuk memberikan pengakuan secara resmi atas kemerdekaan Indonesia dan kedaulatan NKRI atas dasar Proklamasi 1945 (bukan Republik Indonesia Serikat 1949), untuk menyempurnakan kemerdekaan secara de jure.
Meminta kepada semua pihak, terutama penyelenggara negara untuk segera menghentikan segala bentuk penindasan dan penjajahan atas bangsa sendiri.
Menuntut kepada pemerintah sebagai pemegang amanat rakyat untuk fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat keseluruhan secara adil dan merata.
Melawan kekuatan asing maupun kekuatan spratisme dalam negeri yang mempengaruhi dan merusak komitmen kebangsaan dalam wadah NKRI dengan payung Pancasila dan UUD 1945
Mengingatkan kepada semua elemen bangsa untuk tidak larut dalam nilai globalisasi yang meracuni pikiran dan tindakan warga bangsa, dengan meneguhkan nilai khas Indonesia sebagai jati diri bangsa.
Mengajak kepada semua elemen bangsa untuk duduk bersama dan musyawarah demi menyempurnakan komitmen persatuan dan kesatuan Indonesia.
Menggalang pembentukan Front Kebangsaan yang terdiri dari berbagai komponen bangsa lintas golongan, untuk meneguhkan dan menyempurnakan kemerdekaan Indonesia.
Demikian Makloemat ini kami sampaikan, sebagai bentuk kepedulian terhadap proses penciptaan Indonesia sebagai amanat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Jakarta, 14 Agustus 2007

PB PMII

Hery Haryanto Azumi

Ketua Umum

PP GMNI

Deddy Rachmadi

Ketua Presidium
PP GMKI

Goklas Nababan

Ketua Umum

PP IPNU

Idy Muzayyad

Ketua Umum

DPP IMM

M. Amiruddin

Ketua Umum
PP KMHDI

Wayan Sudane

Ketua Presidium

PP HIKMAHBUDHI

Eddy Setiawan

Ketua Umum

PP IRM

Ahmad Muzakir

Ketua Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: