• September 2008
    S S R K J S M
    « Agu   Nov »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

      Selama jalannya Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) seluruh kegiatan alhamdulillah berjalan lancar, meski kadang ada hambatan yang harus kami hadapi. Seluruh fenomena yang ditemui selama praktik merupakan suatu pelajaran yang sangat berarti, seperti kata pepatah “Pengalaman adalah guru terbaik”. Semangat itulah yang membuat kami terus berusaha menjadi yang terbaik buat semua, dari waku ke waktu kami terus mengevaluasi dan memperbaiki kinerja kita.

      Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah merupakan kegiatan yang sangat membantu dalam mengembangkan kompetensinya sebagai calon guru. Kegiatan ini bersifat multidisipliner, sehingga bagi mahasiswa PPL II ini harus melaksanakannya dengan semangat, sungguh-sungguh, mempunyai pengetahuan, sikap, dan keahlian yang cukup secara terkonsentrasi.  Yaitu kompetensi pedagogic, social, professional, dan personal. Dengan PPL II ini semua komponen yang harus dimiliki oleh seorang guru dituntut, Sehingga mahasiswa praktikan harus mendapat motivasi dan dorongan dari berbagai pihak. Khususnya dukungan dari sekolah atau madrasah tempat pelaksanan praktik, kepala sekolah atau madrasah, koordinator guru pembimbing maupun panitia PPL II itu sendiri. Dukungan tersebut sangat berpengaruh sekali terhadap keberhasilan dan kesuksesan mahasiswa praktikan dalam melaksanakan program PPL II ini.

      Setelah melaksanakan PPL II di MAN Maguwoharjo Yogyakarta, mahasiswa praktikan mendapatkan banyak sekali pengalaman, pengetahuan dan wawasan yang luas, yaitu :

1)      Mahasiswa praktikan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah dan mampu mengembangkannya di MAN Maguwoharjo dengan bimbingan dari guru pembimbing.

2)      Mahasiswa praktikan mendapat kesempatan untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang studi yang sekarang dipelajari secara langsung mengaplikasikannya ke sekolah.

3)      Secara umum mahasiswa benar- benar mendapatkan manfaat yang belum tentu diperoleh dari bangku kuliah.

4)      Mahasiswa praktikan tidak hanya menyampaikan materi pelajaran tetapi memberi contoh yang mendidik.

5)      Mahasiswa praktikan jadi lebih bersikap dewasa dalam menghadapi segala permasalahan yang terjadi pada waktu kegiatan PPL II di sekolah.

6)      Karakter seorang guru terbentuk dengan adanya PPL II.

7)      Mahasiswa tahu akan kondisi real dunia pendidikan Indonesia.

 

B.   Saran-Saran

1)      Untuk Sekolah atau Madrasah

a)       Pihak MAN Maguwoharjo sudah sangat baik dalam memperlakukan mahasiswa praktikan, hendaknya hal itu bisa terus dipertahankan dan hendaknya hubungan baik yang selama ini terjalin antara mahasiswa praktikan, guru dan karyawan senantiasa terjaga.

b)      Tingkah laku siswa perlu diperhatikan, agar bisa bertindak sopan dalam bertutur kata dan selalu menghormati semua guru beserta karyawan yang bekerja di MAN Maguwoharjo.

c)       Kerapian siswa perlu ditingkatkan, karena masih banyak siswi yang memakai jilbab tetapi diperlihatkan rambutnya.

d)      Kegiatan Ekstra kurikuler sebaiknya diadakan secara rutin dan terkoordinir. Karena menurut pengamatan saya kegiatan ektrakurikuler di MAN Maguwoharjo kurang maksimal, yang rutin melaksanakan kegitan hanya latihan pramuka setiap hari sabtu.

e)       Kerjasama antar guru perlu ditingkatkan demi kemajuan madrasah.

f)        Pemaksimalan pemberdayaan guru yang berkompeten dalam kegiatan ektrakurikuler/sekolah, agar tidak mengambil dari luar sekolah.

g)       Diadakannya jajak pendapat dari semua elemen (guru, karyawan, siswa dan masyarakat sekitar) tentang cara mengembangkan madrasah.

h)       Membuka diri untuk bekerjasama dengan SLTP/MTs disekitar wlayah Maguwoharjo, agar siswa yang berminat lebih banyak.

 

2)   Untuk Fakultas atau Panitia

a)       Penerjunan hendaknya tidak saat sekolah sedang libur, agar lebih maksimal.

b)      Pengarahan yang jelas akan peran dan fungsi PPL II.

c)       Evaluasi secara keseluruhan perwakilan tiap sekolah hendaknya [erlu ditingkatkan, agar dapat saling sharing.

d)      Interaksi, koordinasi dan komunikasi yang baik antara mahasiswa praktikan, pihak sekolah, dengan panitia PPL II dari fakultas perlu ditingkatkan.

3)   Untuk mahasiswa praktikan

a)             Mahasiswa praktikan harus mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah MAN Maguwoharjo.

b)            Mahasiswa harus bersikap sopan dan santun dalam melaksanakan tugas baik dengan guru atau karyawan.

c)             Sebelum melaksanakan kegiatan praktik pembelajaran sebaiknya mahasiswa praktikan, benar-benar menyiapkan segala sesuatunya dengan maksimal, agar kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik dan lancar.

d)            Agar selalu meningkatkan kekompakan dan profesionalitas dalam mengajar

e)             Hendaknya aktif untuk bergerak, jangan menunggu bola.

f)              Pahamilah perbedaan yang ada, demi kemajuan bersama.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: