• September 2008
    S S R K J S M
    « Agu   Nov »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

D. Analisis Hasil Pelaksanaan

1. Praktik Pembelajaran

Dalam melaksanakan praktik pembelajaran di MAN Maguwoharjo Mahasiswa praktikan bukan berperan sebagai seorang yang sedang latihan, akantetapi berposisi sebagai guru muda sehingga setelah mahasiswa selesai melaksanakan praktik maka guru tinggal melanjutkan pembahasan materi yang sudah berlangsung. Peran sebagai guru muda yang tersandang oleh mahasisw praktikan membuat mahasiswa selalu menyiapkan sebaik mungkin setiap akan melakukan pembelajaran. Disinilah keprofesionalan seorang guru benar-benar dituntut. Bukan lagi dalam teori yang sering kita diskusikan.

Kegiatan pembelajaran di MAN Maguwoharjo sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dalam aplikasinya kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini siswa dituntut untuk aktif pada waktu kegiatan pembelajaran berlangsung, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Acuan itulah yang mahasiswa pratikan laksanakan di dalam melaksakan parktek di kelas, tentunya terlebih dahulu sharing dengan guru pembimbing agar dapat terjadi persamaan persepsi dan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Pada waktu kegiatan belajar mengajar mahasiswa praktikan alhamdulillah tidak mengalami hambatan, seperti perasaan takut saat mengajar, kurang menguasai kelas, kurang menguasai materi. Karena mahasiswa sudah terbiasa berlatih sewaktu Praktik Pembelajaran Lapangan I (PPL I), mahasiswa juga dapat menguasai kelas dengan baik karena sewaktu MOS mahasiswa juga menjadi fasilitator siswa baru, dalam hal pengusaan materi mahasiswa mampu menguasai materi dengan baik karena sesuai dengan jurusan mahasiswa. Meski demikian mahasiswa tetap melakukan konsultasi sebelum atau sesudah mengajar dengan guru pembimbing lapangan. Dalam hal ini guru pembimbing memberikan masukan yang sangat berarti dalam praktik pembelajaran. Contohnya sewaktu mahasiswa melaksanakan praktik yang pertama, ada dua point penting yang belum tersentuh oleh mahasiswa yaitu pemberian reward/penghargaan dan penegasan. Dengan masukan tersebut pada pembalajaran selanjutnya mahasiswa dapat tampil lebih sempurna.

Dalam hal penggunaan media dan buku materi pelajaran guru pembimbing telah mempercayakan kepada mahasiswa praktikan, yang terpenting materi pelajarannya sesuai dengan silabus yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adapun untuk sumbernya mahasiswa bisa mencari referensi yang mendukung di perpustakaan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa praktikan pada waktu kegiatan belajar mengajar, yaitu

· Pengaktifan Siswa

Mahasiswa praktikan di sini harus mampu mengaktifkan siswa, sehingga guru lebih berperan sebagai fasilitator dan membimbing siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung tidak lagi menggunakan beranggapan bahwa guru adalah sumber utama dalam belajar.

· Pengelolaan Kelas

Sebagai seorang guru sudah seharusnya mampu mengkondisikan suasana kelas agar proses pembelajaran dapa berlangsung secara kondusif. Suasana kondusif adalah suasana dimana seorang siswa dapa belajar dengan senang hati dan mampu menangkap materi yang sedang diajarkan.

· Meningkatkan Interaksi Belajar

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah berinteraksi dengan siswanya. Karena seorang guru bukan hanya mengajar di depan kelas dengan tanpa memperhatikan kondisi siswanya. Akan tetapi seorang guru dituntut untuk mampu berinteraksi dengan siswanya. Dalam hal ini mahasiswa praktikan menggunakan metode diskusi interaktif, yaitu dengan menggali pengetahuan dari siswa sedang guru/praktikan menampung pendapat dari siswa untuk selanjutnya disimpulkan oleh guru. Dengan demikian siswa menjadi aktif dalam proses belajar-mengajar.

2. Praktik Persekolahan

Pada pelaksanaan praktik persekolahan, mahasiswa praktikan selalu melaksanakan koordinasi dengan pihak sekolah, sehingga sesuai dengan aturan pihak sekolah dan pihak Universitas. Dari pelaksanaan praktik persekolahan ini mahasiswa praktikan mendapat banyak pengalaman diantaranya tentang bagaimana mengelola Sekolah atau Madrasah, perencanaan kurikulum, menginventarisir barang, melakukan proses pebelajaran dan interaksi dengan siswa dalam berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan diri dan kreatifitas mereka. Karena selama melaksanakan praktik mahasiswa hampir 50% kegiatannya adalah praktik sekolah, disini kami dapat memahami bahwa tugas guru bukan hanya mengajar.

Keberadaan mahasiswa praktikan di MAN Maguwoharjo banyak mewarnai setiap kegiatan didalamnya. Seperti waktu piket di TU, mahasiswa banyak membantu karena sebagian besar karyawan TU tidak begitu mahir dalam menggunakan computer, sehingga saat ada tugas yang harus menggunakan bantuan computer tapi karyawan TU tidak mampu maka mahasiswa yang mengerjakan. Untuk wilayah piket di guru piket lebih tragis lagi, karena selama mahasiswa di sekolah yang menghandle semua tugas di guru piket dikerjakan oleh mahasiswa. Sedangkan untuk wilayah BK dan perpustakaan tidak banyak yang dapat dikerjakan, karena untuk wilayah kerjaan BK langsung ditangani oleh guru BK, mahasiswa hanya membantu pada wilayah teknis. Diperpustakaan pun bersifat incidental.

Kedekatan mahasiswa praktikan dengan OSIS atau siswa membuat kepergian kami terasa berat. Sebab, kita sudah sangat dekat dengan mereka. Pengurus berharap mahasiswa tetap berada di MAN Maguwoharjo. Karena selama kami kerap mendampingi disetiap kegiatan yang dilakukan oleh OSIS, sedangkan Pembina yang ada jarang mendampingi. Padahal seharusnya Pembina bertanggungjawab akan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS. Kedekatan yang begitu erat tidak mampu untuk menahan mahasiswa praktikan untuk tetap berada di MAN Maguwoharjo, karena masa aktif kami sebagai mahasiswa praktikan sudah habis. Insya Allah kita akan membantu untuk memajukan MAN Maguwoharjo selagi kita mampu. Amiin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: