• Januari 2009
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

Naskah Konseling

Mike: “Apa kabar?”

Bob: Tidak terlalu baik, Mike.”

Mike: Saya turut bersedih karenanya. Maukah kamu menceritakan apa yang menggaggumu, atau mungkin kamu tidak ingin mengatakannya?(pertanyaan).

Bob: Yaaah, saya agak cemas.

Mike: Owh. (respon pendek).

Bob: Kamu tahu kami baru saja pindah ke rumah baru di bagian selatan kota yang agak rendah daerahnya.

Mike: Ya.(respon pendek)

Bob: Saya sulit menenmukan teman bergaul di sana.

Mike: Kamu tampak mencemaskannya. (refleksi perasaan).

Bob: Ya, begitulah.Mary mula-mula enggan pindah walaupun akhirnya mau juga. Saya kira kami akan sulit bergaul dengan tetangga.

Mike: Agaknya sulit bagimu.(refleksi).

Bob: Saya tidak tahu apa yang salah denmgan diri saya. Kami pindah rumah karena perusahaan mem-PHK saya. Saya mendapat sejumlah pesangon yang kemudian saya pakai untuk membeli rumah baru. Namun meskipun kami telah mendapat sebuah rumah baru dan bagus, saya tidak juga betah tinggal di sana.

Mike: Kamu telah menggambil keputusan yang sangat penting, akan tetapi tidak merasa puas dengannya.(refleksi isi dan perasaan).

Bob: Benar, saya tidak merasa puas dan lebih baik. Saya sudah mencoba mengundang tetangga main ke rumah saya dan berbincang-bincangdengan orang yang tinggal di deoan rumah saya, tetapi mereka bukanlahorang-orang yang ramah seperti dugaan saya sebelumnya.

Mike: Kamu benar-benar tidak menukai mereka.(refleksi isi)

Bob: Saya tidak dapat bergaul dengan mereka. Saya tidak tahu harus mengobrol apa; kami tidak mempunyai sesuatu yang sam. Ini membuatku pusing karena biasanya saya mudah berkomunikasi dengan setiap orang.

Mike: Namun, sekarang kamu merasa kesulitan untuk membuka percakapan dengan tetangga-tetangga barumu.

Bob: Demikianlah. Kamu tahu dulu ditempat kerja saya bisa bergaul secara baik dengan atasan, teman kerja, dan sekretaris saya. Saya tidak mempunyai masalah dengan mereka.Gee atasan saya adalah salah satu orang terbaik yang pernah saya kenal, dan saya tidak sulit untuk berbincang-bincang dengannya.

Mike: Saya mendapat kesan kamu kehilangan teman-teman kerjamu dulu

Bob: Ya…ya, saya merindukan mereka.saya ingin bertemu kembali dengan mereka.

Mike: Kini, kamu benar-benar kehilangan sesuatu yang besar.

Bob: Dan, saya tidak dapat berbuat apa-apa sekarang, dan tidak dapat menggantikan teman-teman kerja yang dulu dengan orang-orang disini. Bahkan mereka tidak suka dengan saya.

Mike: Saya mendapat kesan kami ingin kembali bekerja dengan teman-teman lam dan membandingkan antara mereka dan tetangga-tetangga mu disini. Apa perbedaan diantara mereka?

Bob: Bedanya saya tidak pernah mengerahkan segala daya untuk bergaul dengan tema-teman kerja dulu. Percakapan berlangsung secara mudah, dan banyak bercanda. Mereka mengenal saya, dan kamipun terbiasa saling bantu dalam bekerja.saya pun tidak perlu terlalu banyak menjelaskan diri saya.

Mike: Di tempat kerja semua berjalan dengan alamiah dan mudah, tetapi kini semuanya telah berlalu dan berbeda.

Bob: Saya agak malu karena saya rsa semua tetangga membicarakan saya dan keluarga saya.

Mike: Kamu tidak yakin dengan dirimu sendiri dan memepertanyakan pandangan mereka terhadapmu

Bob: Saya yang sekarang beda dengan saya yang dulu, ya? Saya tidak bekerja lagi, menganggur. Saya hidup di lingkungan yang baru, dan tidak mempunyai teman.

Mike: Kamu nampak bersedih ketika mengatakannya

Bob: Saya sedih. Saya tidak mengenali siapa diri saya sekarang, tidak tahu apa yang bisa saya lakukan. Saya juga tidak yakin apakah saya iniu orang baik-baik.

Mike: Sepertinya kamu telah kehilangan seluruh identitas diri.

Bob: Ya banar, dan saya tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Satu Tanggapan

  1. seru juga deskripri kasus yang dihadapai bob…mmm tp ko’ masih belum komplit y? maksud saya boleh minta dilanjutin dong ampe proses penyelesaiannya

Tinggalkan Balasan

