• Maret 2009
    S S R K J S M
    « Feb   Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

ABSTRAK

Abas, Pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Al-Qur’an (Tinjauan Psikologi Kognitif). Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang terjadi di Madrasah Diniyah Al-Qur’an kelas Awwaliyah dengan menggunakan sudut pandang psikologi perkembangan kognitif. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk dasar dalam melakukan proses pembelajaran dengan melihat tahap perkembangan kognitif siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data Madrasah Diniyah Al-Qur’an Depokan Kotagede Yogyakarta, pada Diniyah Awaliyah kelas 1, 2, 3, dan 4. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberi arti, makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; Sebagian besar dalam pengajarannya guru menggunakan metode klasikal karena tidak tersedianya media ataupun sarana yang memadai di Madrasah, sehingga proses pembelajaran yang terjadi cenderung monoton. Padahal jumlah siswa dalam tiap kelas tidak terlalu banyak. Disamping itu guru juga kurang dapat memperhatikan tahap perkembangan kognitif siswanya, sehingga dalam melakukan proses pembelajaran guru kurang mengarah pada pembentukan karakter siswa. Di usianya yang berkisar antara 7-12 tahu siswa berada dalam tahap operasional kongkrit. Dalam tahap ini siswa membutuhkan model pembelajaran yang mengarah pada pembentukan karakter siswa dengan cara belajar yang kongkrit menurut siswa. Siswa harus ikut aktif dalam melakukan pembelajaran. Pemahaman ini harus bisa dikuasai oleh seluruh guru yang mengajar, agar proses pembalajarannya sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa.
Disamping guru harus memahmi akan tahap perkembangan kognitif siswanya, guru juga harus mengimplementasikan dalam bentuk pengajaran di kelas juga penggunaan media dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: