• Maret 2009
    S S R K J S M
    « Feb   Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

RPP AL-QURAN-HADITS

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

 

  1. Identitas Mata Pelajaran

1. Satuan pendidikan : SMA

2. Mata Pelajaran : Al Qur’an

3. Materi Pokok : Surat Ar Rum : 41-42

4. Kelas/Semester : XI/I

5. Pertemuan ke : II

6. Waktu : 15 Menit

 

  1. Kemampuan Dasar

  1. Kompetensi Dasar : Menjelaskan arti QS Ar Rum : 41-42.

 

  1. Indikator :

– Siswa dapat membaca QS Ar Rum : 41-42 tanpa bimbingan Guru

dengan Fasih.

  • Siswa dapat menjelaskan arti QS Ar Rum : 41-42 tanpa bimbingan Guru

dengan benar.

 

  1. Materi Pembelajaran

    1.  
      1. Materi Pokok : QS Ar Rum : 41-42

      2. Uraian Materi Pokok :

 

ظهر الفساد فى البروالبحربما كسبت ايدى الناس ليذ يقهم بعض الذى عملوا لعلهم يرجعون ÇÊÍÈ قل سير ا فى الارض فانظروا كيف كان عاقبة الذ ين من قبل كان اكثرهم مشر كين ÇËÍÈ (الروم: 41-42)

Artinya: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: Adakanlah perjalanan di muka Bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (Ar Rum : 41-42)

 

  • Fasih adalah membaca Al-Quran dengan benar (Tartil) sesuai Hukum bacaan Tajwid yang berlaku.

  • Hikmah yang terkandung dalam QS Ar Rum : 41-42 :

    1. Kerusakan yang terjadi di muka bumi disebabkan oleh perbuatan manusia itu sendiri.

    2. Dampak yang dirasakan dari kerusakan tersebut adalah supaya manusia sadar akan perbuatannya.

 

 

  1. Metode pembelajaran : Ceramah singkat, Tanya jawab, Diskusi interaktif dan Resitasi.

 

  1. Media/alat Pembelajaran : Fasilitas kelas.

 

  1. Srategi pembelajaran :

 

Kegiatan

Waktu

(Menit)

Aspek Life Skill

yang diinginkan

Pendahuluan :

  1. Pembuka

  2. Apersepsi; mengingat materi sebelumnya

  3. Menuliskan dan sedikit mengulas tujuan pelajaran hari ini.

  4. Pre test lisan

 

 

 

2

 

 

  1.  
    • Kemampuan mengingat

    • Kemampuan memahami kerangka permasalahan

Inti :

  1. Siswa diberi kesempatan untuk menulis dan membaca QS Ar Rum : 41-42.

  2. Siswa mengartikan QS Ar Rum : 41-42

  3. Siswa diajak untuk mengambil hikmah dari QS Ar Rum : 41-42.

 

3

 

4

3

 

 

  1.  
    • Kemampuan membaca

    • Kemampuan mengartikan

    • Kemampuan memahami kandungan ayat

Penutup :

  1. Penyatuan gagasan dan tanya jawab dipimpin oleh guru.

  2. Penugasan; diberikan tugas untuk mencari ayat lain yang berhubungan dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.

 

2

 

1

 

  1.  
    • Kemampuan menerima

 

  1.  
    • Kemampuan menganalisa

 

 

  1. Penilaian dan Tindak Lanjut

 

Aspek

Tes

Jenis Tagihan

Bentuk Tagihan

Skor

Kognitif

Tulis dan artikan QS Ar Rum : 41-42?

Apa hikmah dari QS Ar Rum : 41-42?

Ulangan Harian Tes Tertulis

20

 

 

20

Afektif Mendiskusikan kandungan QS Ar Rum : 41-42. Penilaian Diri Tugas Kelompok

30

Psikomotorik Coba bacakan Tes Kinerja Membaca

30

 

 

  1. Sumber Bacaan

– Drs. Junaidi Anwar, dkk. 2006, Agama Islam Lentera Kehidupan, untuk SMA kelas XI, Jakarta : Yudistira.

Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung : Diponegoro, 1995.

 

Yogyakarta, 22 Februari 2008

 

Mengetahui,

Guru Pembimbing

 

 

 

( Drs. Ichsan, M.Pd.)

 

Mahasiswa Praktikan

 

 

 

(A b a s)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: