• Maret 2009
    S S R K J S M
    « Feb   Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

RPP Aqidah

 

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

 

  1. Identitas Mata Pelajaran

1. Satuan pendidikan : SMA

2. Mata Pelajaran : Aqidah

3. Materi Pokok : Meningkatkan Keimanan kepada Qodha’ dan Qodhar

4. Kelas/Semester : XII/I

5. Pertemuan ke : II

6. Waktu : 15 Menit

 

  1. Kemampuan Dasar

  1. Kompetensi Dasar : Memahami pengertian juga contoh iman

kepada Qodha’ dan Qodhar.

 

  1. Indikator :

  • Siswa tahu arti iman kepada Qodha’ dan Qodhar.

  • Siswa dapat menunjukkan contoh iman kepada Qodha’ dan Qodhar.

  • Siswa dapat membedakan antara contoh iman kepada Qodha’ dan iman kepada Qodhar.

 

  1. Materi Pembelajaran

    1.  
      1. Materi Pokok : Meningkatkan Keimanan kepada Qodha’ dan Qodhar

      2. Uraian Materi Pokok :

Pengertian :

  • Qodha‘ merupakan bahasa arab yang berarti ketentuan. Sementara dalam pengertian ilmu tauhid berarti ketentuan Allah SWT atas segala sesuatu yang telah ditetapkan di Lauh Mahfuzh.

  • Qadar secara bahasa adalah ukuran. Menurut istilah ilmu tauhid adalah ukuran atau takdir Allah SWT yang yang telah ditetapkan terhadap semua makhluk di dunia.

 

  1. Metode pembelajaran : Ceramah singkat, Tanya jawab, Diskusi kelompok dan Resitasi.

 

  1. Media/alat Pembelajaran : Kertas, Spidol, White Board,

double tape.

 

  1. Srategi pembelajaran :

 

Kegiatan

Waktu

(Menit)

Aspek Life Skill

yang diinginkan

Pendahuluan :

  1. Pembuka

  2. Apersepsi; mengingat materi sebelumnya

  3. Menuliskan dan sedikit mengulas tujuan pelajaran hari ini.

  4. Pre test lisan

 

 

 

2

 

 

  1.  
    • Kemampuan mengingat

    • Kemampuan memahami kerangka permasalahan

Inti :

  1. Guru menjelaskan tentang pengertian Qodha’ dan Qadar.

  2. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok.

  3. Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan kelompoknya untuk mencari contoh Qodha’ dan Qadar.

  4. Siswa menjelaskan kepada kelompok lain tentang hasil diskusinya.

  5. Diberi kesempatan untuk bertanya kepada kelompok lain.

 

3

 

4

3

 

 

  1.  
    • Kemampuan memahami penejelasan

    • Kemampuan berinteraksi dengan orang lain

    • Kemampuan berargumentasi

 

Penutup :

  1. Penyatuan gagasan dan guru menyimpulkan tentang hasil dikusinya.

  2. Penugasan; diberikan tugas untuk mencari ayat yang berhubungan dengan Qodha’ dan Qadar.

 

2

 

1

 

  1.  
    • Kemampuan menerima

 

  1.  
    • Kemampuan menganalisa

 

 

  1. Penilaian dan Tindak Lanjut

 

Aspek

Tes

Jenis Tagihan

Bentuk Tagihan

Skor

Kognitif

Apa pengertian Qodha’ dan Qadar?

Berikan contoh Qodha’ dan Qadar?

Ulangan Harian Tes Tertulis

20

 

 

20

Afektif

Mendiskusikan contoh Qodha’ dan Qadar.

Penilaian Diri Tugas Kelompok

30

Psikomotorik Coba kemukakan contoh Qodha’ dan Qadar Tes Kinerja Membaca

30

 

  1. Sumber

– Drs. Junaidi Anwar, dkk. 2006, Agama Islam Lentera Kehidupan, untuk SMA kelas XII, Jakarta : Yudistira.

– Peristiwa kehidupan.

 

Yogyakarta, 04 Maret 2008

 

Mengetahui,

Guru Pembimbing

 

 

 

( Drs. Ichsan, M.Pd.)

 

Mahasiswa Praktikan

 

 

 

(A b a s)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: