• Desember 2009
    S S R K J S M
    « Okt   Mei »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

LAPORANKU….

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BENDAHARA

DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI RAKYAT MERDEKA

FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

PERIODE 2008/2009

 

A. Pendahuluan

“Selama Angin Masih Berhembus”

Walaupun bulan tidak menampakkan wajah, dan bintang tidak mengedipkan mata marilah kita senantiasa mengucapkan puja serta puji syukur kehadirat Illahi Robbi yang telah menjadikan manusia sebagai kholifah dimuka bumi ini. Sholawat bertangkaikan salam semoga Allah SWT sanjungkan kepada sang revolusioner sejati yang telah membebaskan kita dari kebodohan menjadi sebuah kecerahan intelektual.

Dosa yang kita perbuat, kesombongan dan keegoisan yang kita ucapkan, kekhilafan yang selalu setia menemani petualangan hidup kita semoga  diberikan ampunan oleh Allah SWT. Al-Qur’an yang kita amalkan, Sunnah yang kita jalankan, Ijtihad yang kita pegang semoga tetap sesuai dengan jalan Ahlusunnah Waljamaah.

Serasa cepat waktu berlalu dan begitu sempit hari-hari yang telah kita lewati, seakan zaman terus berjalan tanpa kenal kompromi. Perubahan-perubahan terus terjadi dan berbagai macam kejadian telah kita alami. Petualangan mengarungi samudera politik kampus tiada akan pernah terhenti sampai penurunan tampuk Amanah ini yang kini telah sampai pada Musyawarah Wilayah (MusWil) Dewan Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Merdeka Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Materi, tenaga & waktu, semua itu tidak cukup untuk menjadi tumbal atas pengorbanan ini. Saat yang ditunggu-tunggu itu akhirnya datang juga untuk mempertanggungjawabkan semua kerja kami selama satu periode. Tidak terlepas dari usaha dan kekurangan kami sebagai pengurus dengan penuh rasa tanggung jawab mempersembahkan hasil kerja dan cucuran keringat kami dalam risalah hati para pejuang ahlusunnah Waljamaah dibawah bendera Partai Rakyat Merdeka yang telah berjihad di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tercinta.

Kent_Abas

Bendahara

B. Kondisi Obyektif

Bendahara Partai Rakyat Merdeka yang memang seorang diri harus mengurusi perahu besar partai sedikit banyak mengalami kewalahan dalam mengurus keuangan partai karena begitu banyaknya kerja yang harus dilakukan, untungnya banyak tenaga profesional yang membantu menjalankan tugas kebendaharaan ini. Inilah personil bendahara yang hanya seorang diri namun tetap mampu memberi nafkah seluruh jajaran anggota partai sampai mendudukkan kadernya menjadi leader baik di legislatif maupun eksekutif:

 

C. Program Kerja dan Realisasi

Bendahara sebagai tulang punggung partai tidak banyak merancang program kerja, sebab pada prinsipnya dana yang kita gunakan bersifat dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, sehingga bantingan menjadi jalan utama, sebab kami belum sempat untuk membuat sebuah badan usaha. Dan alhamdulillah selama persiapan, pelaksanaan, dan pasca Pemilihan Mahasiswa (PEMILWA) dapat berjalan lancar tanpa ada jeritan kekurangan dana.

E. Laporan Keuangan

nothing to display

 

 

F. Kendala-Kendala

Timbulnya sebuah masalah yaitu karena adanya kesenjangan antara idealitas dan realitas. Terkadang apa yang kita impikan maupun yang kita harapkan tidak sesuai dengan apa yang kita dapatkan. Begitu juga yang dirasakan oleh calon orang-orang sukses dalam kepengurusan DPW PRM Fak. Tarbiyah ini. Ada secercah masalah yang dirasakan oleh kami, diantaranya :

  • Belum adanya kesadaran kolektif usaha pengumpulan dana dari para donatur, sehingga bendahara harus ekstra sabar menunggu kucuran dana.
  • Bentrokisasi antara kebutuhan pribadi sang penyandang dana dengan kebutuhan partai sehingga tidak semua dapat kumpul tepat waktu sesuai target, tak ayal kekurangan dana di ambil dari rekening pribadi bendahara. Sabar….
  • Belum adanya usaha tetap partai yang mampu menghasilkan dana untuk memenuhi kebutuhan partai atau constituent partai.
  • Kurangnya personal pencari dana.

G. Kesan dan Pesan

 

“Kesan”

 

Tiada kesan terindah selain menjadi bendahara. Mengapa demikian, karena semua mata tertuju kesini layaknya skandal Bank Century yang sampai menyeret banyak pejabat negara. Perasaan senang, suka, duka, sedih, capek, pusing, semuanya terkristalisasi dalam suasana bendahara, mungkin orang-orang yang jadi tempat curhat mampu merasakannya. Banyak kata yang terucap sebagai do’a, untaian nasihat, motivasi dan alunan syair-syair cinta. Kadang ada tawa yang terpancar dengan bahagia, kadang ada tetesan air mata yang mengalir sedu sedan. Semua itu di lakukan hanya demi diri-Nya yang selalu ku cinta dan ku rindu setiap saat, setiap waktu dan setiap detik dalam denyut jantung serta lantunan zikir yang mengalir suci, Yaa Allah…Yaa Robbal ‘Alamiin!.

Ada sebuah paradigma mahasiswa yang apatis terhadap organisasi baik intra maupun ektra kampus, mereka beranggapan bahwa organisasi itu tidak ada manfaat dan membuang waktu saja. Efeknya yaitu timbullah pola fikir yang pragmatis, sehingga yang dipikirkannya yaitu kuliah-kos (seperti mata rantai). Tetapi saya katakan tidak untuk bendahara, karena bendahara merupakan bagian yang terbuka dan bermanfaat dunia maupun akhirat. Amiin…  

Sehingga apa yang kita lakukan akan selalu diiringi oleh keikhlasan, karena apa yang menjadi tanggung jawab kami sebagai pengurus merupakan amanah dan amal ibadah. Bagi kami, kepengurusan ini adalah sebuah proses dimana hal yang semula tidak tahu akan menjadi tahu, yang semula tidak bisa atau kurang bisa menjadi bisa.

Pengetahuan tidak hanya didapatkan di bangku kuliah saja, tetapi banyak ruang-ruang kosong yang harus kita cari dan kita isi, salah satu ruang itu adalah politik. Memang tidak mudah menjadi seorang politikus kampus yang bersih dari unsur KKN, namun semua butuh proses untuk dapat berdiri tegak di atas batu suci menatap sang mentari. Semoga semua yang hadir disini benar-benar mampu menjadi orang-orang politik yang tetap berpegang pada nilai-nilai islam khususnya Ahlusunnah Waljamaah. Amiin…

 

“Pesan”

 

Para pemenang yaitu mereka yang melakukan sesuatu itu dengan mudah. Untuk melakukan suatu hal dengan mudah tentu memerlukan proses yang tidak instant, harus step by step, banyak latihan serta selalu dihadapkan dengan problem and challenge. (Heppy Trenggono).

Jangan takut gagal teman-teman, karena orang yang sukses adalah orang yang berangkat dari kegagalan itu sehingga ia bisa memetik sebuah hikmah untuk perbaikan hidupnya. Jadikanlah partai ini sebagai media pembelajaran buat kita, sehingga tidak muncul sebuah kekecewaan, kemutungan apalagi broken heart. Punya pacar maupun tidak, itu bukanlah sebuah tujuan. Tujuan kita yang utama yaitu bagaimana supaya kita bisa self actualization (mengaktualisasikan diri), berkembang dan lebih baik, baik soft skill maupun di organisasi, lebih-lebih bisa membawa partai menjadi sebuah wadah yang benar-benar aspiratif bukan sekedar kendaraan politik para eksekutif dan legislatif.

Kami hanya bisa berharap kepada pengurus kedepan agar bisa lebih baik dan tegar dalam mengemban tugasnya. Namun hal ini tidak akan pernah terwujud tanpa adanya loyalitas yang tinggi, keberanian, rasa memiliki, mencintai, murah senyum, baik hati dan tidak sombong.

Berjalan bersama dalam satu visi dan misi kepengurusan tentu manis pahitnya adalah satu keniscayaan yang akan melekat dalam memory diri kita. Keberhasilan yang sudah kita raih tentunya menjadi ingatan yang akan tetap di kenang kapanpun dan dimanapun. Namun kegagalan yang sudah kita injak jadikanlah sebagai batu loncatan bagi sahabat-sahabat kedepan untuk memikirkan kembali bagaimana menjadi dan menjalankan program kerja agar bisa terlaksana dan tentunya lebih baik, tentunya sikap percaya diri dan optimisme harus tetap kita tanamkan dan pupuk pada jiwa kita demi terciptanya tujuan bersama. Partai bukanlah milik para pengurus , tapi milik kita semua para pecinta dialektika politik, sebab Politic Is Beautiful. Eksis dan tidaknya ada di tangan kita, oleh karena itu mari kita satukan hati dan pikiran kita untuk menjadikan PRM menjadi lebih baik di esok hari.

Bersatu Membangun Demokrasi…!

PRM…!!!

 

Kent_Abas

Bendahara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: