• April 2012
    S S R K J S M
    « Okt   Sep »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Jumlah Pengunjung

    • 140,784 hits

Kumpulan RPP SMP/MTS Pelajaran Eksak

 

I.  PENDAHULUAN 

  1. A.    Latar Belakang

 

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  Bab IV Pasal 10 menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berhak mengarahkan, membimbing, dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya, Pasal 11 Ayat (1) juga menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, wewenang Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pendidikan di daerah menjadi semakin besar. Lahirnya kedua undang-undang tersebut menandai sistem baru dalam penyelenggaraan pendidikan dari sistem yang cenderung sentralistik menjadi lebih desentralistik.

 

Kurikulum sebagai salah satu substansi pendidikan perlu didesentralisasikan terutama dalam pengembangan silabus dan pelaksanaannya yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi sekolah atau daerah. Dengan demikian, sekolah atau daerah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

 

Untuk itu, banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh daerah karena sebagian besar kebijakan yang berkaitan dengan implementasi Standar Nasional Pendidikan dilaksanakan oleh sekolah atau daerah. Sekolah harus menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) atau silabusnya dengan cara melakukan penjabaran dan penyesuaian Standar Isi dan Standar Kompentensi Lulusan yang ditetapkan dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2006.

 

Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan:

  • Kurikulum dan silabus SD/MI/SDLB/Paket A, atau bentuk lain yang sederajat menekankan pentingnya kemampuan dan kegemaran membaca dan menulis, kecakapan berhitung serta kemampuan berkomunikasi (Pasal 6 Ayat 6)
  • Sekolah dan komite sekolah, atau madrasah dan komite madrasah, mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasar­kan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan di bawah supervisi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang bertangung jawab terhadap pendidikan untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, serta Departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama untuk MI, MTs, MA, dan MAK ( Pasal 17 Ayat 2)
  • Perencanan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar (Pasal 20)

 

Berdasarkan ketentuan di atas, daerah atau sekolah memiliki ruang gerak yang seluas- luasnya untuk melakukan modifikasi dan mengembangkan variasi-variasi penyelengaraan pendidikan sesuai dengan keadaan, potensi, dan kebutuhan daerah, serta kondisi siswa. Untuk keperluan di atas, perlu adanya panduan pengembangan silabus untuk setiap mata pelajaran, agar daerah atau sekolah tidak mengalami kesulitan.

 

  1. B.     Karakteristik Mata Pelajaran

Setiap mata pelajaran mempunyai karakteristik yang khas.  Adapun karakteristik masing-masing mata pelajaran dapat dilihat pada Standar Isi (Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006)

  1. C.     Karakteristik Peserta Didik

Peserta didik adalah manusia dengan segala fitrahnya. Mereka mempunyai perasaan dan pikiran serta keinginan atau aspirasi. Mereka mempunyai kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi (pangan, sandang, papan), kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan, dan kebutuhan untuk mengaktualisasi dirinya (menjadi dirinya sendiri sesuai dengan potensinya).

Dalam tahap perkembangannya, siswa SMP berada pada tahap periode  perkembangan yang sangat pesat, dari segala aspek. Berikut ini disajikan perkembangan yang sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, yaitu perkembangan aspek kognitif, psikomotor, dan afektif.

 

1.   Perkembangan Aspek Kognitif

Menurut Piaget (1970), periode yang dimulai pada usia 12 tahun, yaitu yang lebih kurang sama dengan usia siswa SMP, merupakan ‘period of formal operation’. Pada usia ini, yang berkembang pada siswa adalah kemampuan berfikir secara simbolis dan bisa memahami sesuatu secara bermakna (meaningfully) tanpa memerlukan objek yang konkrit atau bahkan objek yang visual. Siswa telah memahami hal-hal yang bersifat imajinatif.

Implikasinya dalam pengajaran Teknologi informasi dan komunikasi adalah bahwa belajar akan bermakna kalau input (materi pelajaran) sesuai dengan minat dan bakat siswa. Pengajaran Teknologi informasi dan komunikasi akan berhasil kalau penyusun silabus dan guru mampu menyesuaikan tingkat kesulitan dan variasi input dengan harapan serta karakteristik siswa sehingga motivasi belajar mereka berada pada tingkat maksimal.

Pada tahap perkembangan ini juga berkembang ketujuh kecerdasan dalam Multiple Intelligences yang dikemukakan oleh Gardner (1993), yaitu: (1) kecerdasan linguistik (kemampuan berbahasa yang fungsional), (2) kecerdasan logis-matematis (kemampuan berfikir runtut), (3) kecerdasan musikal (kemampuan menangkap dan menciptakan pola nada dan irama), (4) kecerdasan spasial (kemampuan membentuk imaji mentaltentang realitas), (5) kecerdasan kinestetik-ragawi (kemampuan menghasilkan gerakan motorik yang halus), (6) kecerdasan intra-pribadi (kemampuan untuk mengenal diri sendiri dan mengembangkan rasa jati diri), kecerdasan antarpribadi (kemampuan memahami orang lain). Ketujuh macam kecerdasan ini berkembang pesat dan bila dapat dimanfaatkan oleh guru Teknologi informasi dan komunikasi, akan sangat membantu siswa dalam menguasai kemampuan berteknologi informasi dan komunikasi.

 

2.   Perkembangan Aspek Psikomotor

Aspek psikomotor merupakan salah satu aspek yang penting untuk diketahui oleh guru. Perkembangan aspek psikomotor juga melalui beberapa tahap. Tahap-tahap tersebut antara lain:

a.   Tahap kognitif

Tahap ini ditandai dengan adanya gerakan-gerakan yang kaku dan lambat. Ini terjadi karena siswa masih dalam taraf belajar untuk mengendalikan gerakan-gerakannya. Dia harus berpikir sebelum melakukan suatu gerakan. Pada tahap ini siswa sering membuat kesalahan dan kadang-kadang terjadi tingkat frustasi yang tinggi.

b.   Tahap asosiatif

Pada tahap ini, seorang siswa membutuhkan waktu yang lebih pendek untuk memikirkan tentang gerakan-gerakannya. Dia mulai dapat mengasosiasikan gerakan  yang sedang dipelajarinya dengan gerakan yang sudah dikenal. Tahap ini masih dalam tahap pertengahan dalam perkembangan psikomotor. Oleh karena itu, gerakan-gerakan pada tahap ini belum merupakan gerakan-gerakan yang sifatnya otomatis. Pada tahap ini, seorang siswa masih menggunakan pikirannya untuk melakukan suatu gerakan tetapi waktu yang diperlukan untuk berpikir lebih sedikit dibanding pada waktu dia berada pada tahap kognitif. Dan karena waktu yang diperlukan untuk berpikir lebih pendek, gerakan-gerakannya sudah mulai tidak kaku.

 

c.   Tahap otonomi

Pada tahap ini, seorang siswa telah mencapai tingkat autonomi yang tinggi. Proses belajarnya sudah hampir lengkap meskipun dia tetap dapat memperbaiki gerakan-gerakan yang dipelajarinya. Tahap ini disebut tahap autonomi karena siswa sudah tidak memerlukan kehadiran instruktur untuk melakukan gerakan-gerakan. Pada tahap ini, gerakan-gerakan telah dilakukan secara spontan dan oleh karenanya gerakan-gerakan yang dilakukan juga tidak mengharuskan pembelajar untuk memikirkan tentang gerakannya.

 

3.  Perkembangan Aspek Afektif

Keberhasilan proses pengajaran Teknologi informasi dan komunikasi juga ditentukan oleh pemahaman tentang perkembangan aspek afektif siswa. Ranah afektif tersebut mencakup emosi atau perasaan yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Bloom (Brown, 2000) memberikan definisi tentang ranah afektif yang terbagi atas lima tataran afektif yang implikasinya dalam siswa SMP lebih kurang sebagai berikut: (1) sadar akan situasi, fenomena, masyarakat, dan objek di sekitar; (2) responsif terhadap stimulus-stimulus yang ada di lingkungan mereka; (3) bisa menilai; (4) sudah mulai bisa mengorganisir nilai-nilai dalam suatu sistem, dan menentukan hubungan di antara nilai-nilai yang ada; (5) sudah mulai memiliki karakteristik dan mengetahui karakteristik tersebut dalam bentuk sistem nilai.

Pemahaman terhadap apa yang dirasakan dan direspon, dan apa yang diyakini dan diapresiasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam teori pemerolehan bahasa kedua atau bahasa asing. Faktor pribadi yang lebih spesifik dalam tingkah laku siswa yang sangat penting dalam penguasaan berbagai materi pembelajaran, yang meliputi:

1.  Selfesteem, yaitu penghargaan yang diberikan seseorang kepada dirinya sendiri.

2.  Inhibition, yaitu sikap mempertahankan diri atau melindungi ego.

3.  Anxiety (kecemasan), yang meliputi rasa frustrasi, khawatir, tegang, dsbnya.

4.  Motivasi, yaitu dorongan untuk melakukan suatu kegiatan.

5.  Risk-taking, yaitu keberanian mengambil risiko.

6.  Empati, yaitu sifat yang berkaitan dengan pelibatan diri individu pada perasaan orang lain.

 

II. PENGERTIAN, PRINSIP, DAN TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN

  1. A.                             Pengertian Silabus Pembelajaran

Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok, Kegiatan pembelajaran, Alokasi Waktu, Sumber Belajar,  dan Penilaian. Dengan demikian, silabus pada dasarnya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut.

 

  1. Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai dengan yang dirumuskan oleh  Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
  2. Materi Pokok apa sajakah yang perlu dibahas dan dipelajari peserta didik untuk mencapai Standar Isi.
  3. Kegiatan pembelajaran yang bagaimanakah yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan objek belajar.
  4. Indikator apa sajakah yang harus ditentukan untuk mencapai Standar Isi.
  5. Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.
  6. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
  7. Sumber Belajar apa sajakah yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu.

 

  1. B.                             Pengembang Silabus Pembelajaran

Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.

1.   Guru

Sebagai tenaga profesional yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap kemajuan belajar siswa, seorang guru diharapkan mampu mengembangkan silabus sesuai dengan kompetensi mengajarnya secara mandiri. Di sisi lain guru lebih mengenal karakteristik siswa dan kondisi sekolah serta lingkungannya.

2.   Kelompok Guru

Apabila guru kelas atau guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru kelas atau guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan dipergunakan oleh sekolah tersebut

3.   Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)

Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah  lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.

4        Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.

 

Dalam pengembangan silabus ini sekolah, kelompok kerja guru, atau dinas pendidikan dapat meminta bimbingan teknis dari perguruan tinggi, LPMP, atau unit utama terkait yang ada di Departemen Pendidikan Nasional

 

  1. Prinsip Pengembangan Silabus Pembelajaran
  1. Ilmiah

Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertangungjawabkan secara keilmuan.

  1. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.

  1. Sistematis

Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

  1. Konsisten

Ada hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.

  1. Memadai

Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapain kompetensi dasar.

  1. Aktual dan Kontekstual

Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

  1. Fleksibel

Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi variasi peserta didik, pendidikan, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.  Sementara itu, materi ajar ditentukan berdasarkan dan atau memperhatikan kultur daerah masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar kehidupan peserta didik tidak tercerabut dari lingkungannya.

  1. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

  1. Desentralistik

Pengembangan silabus ini bersifat desentralistik.  Maksudnya bahwa kewenangan pengembangan silabus bergantung pada daerah masing-masing, atau bahkan sekolah masing-masing.

 

  1. D.                             Tahap-tahap Pengembangan Silabus Pembelajaran
  2. Perencanaan

Tim yang ditugaskaan untuk menyusun silabus terlebih dahulu perlu mengumpulkan informasi dan mempersiapkan kepustakan atau referensi yang sesuai untuk mengembangkan silabus. Pencarian informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan informasi seperti multi media dan internet.

  1. Pelaksanaan

Dalam melaksanakan penyusunan silabus perlu memahami semua perangkat yang berhubungan dengan penyusunan silabus, seperti Standar Isi yang berhubungan dengan mata pelajaran yang bersangkutan dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

  1. Perbaikan

Buram silabus perlu dikaji ulang sebelum digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pengkajian dapat melibatkan para spesialis kurikulum, ahli mata pelajaran, ahli didaktik-metodik, ahli penilaian, psikolog, guru/instruktur, kepala sekolah, pengawas, staf profesional dinas pendidikan, perwakilan orang tua siswa, dan siswa itu sendiri.

  1. Pemantapan

Masukan dari pengkajian ulang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memperbaiki buram awal. Apabila telah memenuhi kriteria dengan cukup baik dapat segera disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya.

  1. Penilaian silabus

Penilaian pelaksanaan silabus perlu dilakukan secara berkala dengan mengunakaan model-model penilaian kurikulum.

 

III. KOMPONEN DAN LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN

  1. A.     Komponen silabus pembelajaran

Silabus Pembelajaran memuat sekurang-kurangnya komponen-komponen berikut ini.

  1. Identitas Silabus Pembelajaran
  2. Standar Kompentensi
  3. Kompetensi Dasar
  4. Materi Pembelajaran
  5. Kegiatan Pembelajaran
  6. Indikator Pencapaian Kompetensi
  7. Penilaian
  8. Alokasi Waktu
  9. Sumber Belajar

Komponen-komponen silabus di atas, selanjutnya dapat disajikan dalam contoh format silabus secara horisontal sebagai berikut.

 

Silabus Pembelajaran

 

Sekolah                                   :  SMP

Kelas/Semester              :  ….. / …….

Mata Pelajaran               :  …….

Standar Kompetensi      : …….

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

   

 

 

 

             

 

Catatan:

*    Kegiatan Pembelajaran: kegiatan-kegiatan yang spesifik yang dilakukan siswa untuk mencapai SK dan KD

*    Alokasi waktu: termasuk alokasi penilaian yang terintegrasi dengan pembelajaran  (n x 40 menit)

*    Sumber belajar: buku teks, alat, bahan, nara sumber, atau lainnya.

  1. Langkah-langkah Pengembangan Silabus Pembelajaran
  2. 1.      Mengisi identitas

Identitas terdiri dari nama sekolah, kelas/semester, mata pelajaran, dan standar kompetensi.  Identitas silabus ditulis di atas matriks silabus.

  1. 2.      Menuliskan Standar Kompetensi

Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) Mata Pelajaran.

Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD;
  2. keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
    1. keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
    2. 3.      Menuliskan Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi.

Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar;
  2. keterkaitan antarstandar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran ;
  3. c.       keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

      4.  Mengidentifikasi Materi Pembelajaran

Dalam mengidentifikasi materi pokok harus dipertimbangkan:

  1. relevansi materi pokok dengan SK dan KD;
  2. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta  didik;
  3. kebermanfaatan bagi peserta didik;
  4. struktur keilmuan;
    1. kedalaman dan keluasan materi;
    2. relevansi dengan kebutuhan peseta didik dan tuntutan lingkungan;
    3. alokasi waktu.

Selain itu juga harus diperhatikan:

  1. kesahihan (validity): materi memang benar-benar teruji kebenaran dan kesahihannya;
  2. tingkat kepentingan (significance): materi yang diajarkan memang benar-benar diperlukan oleh siswa diperlukan oleh siswa;
  3. kebermanfaatan (utility): materi tersebut memberikan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan pada jenjang berikutnya;
  4. layak dipelajari (learnability): materi layak dipelajari baik dari aspek tingkat kesulitan maupun aspek pemanfaatan bahan ajar dan kondisi setempat;
  5. menarik minat (interest): materinya menarik minat siswa dan memotivasinya untuk mempelajari lebih lanjut.

5.  Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Kegiatan pembelajaran memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.

Kriteria mengembangkan kegiatan pembelajaran sebagai berikut.

  1. Kegiatan pembelajaran disusun bertujuan untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar mereka dapat bekerja dan melaksanakan proses pembelajaran secara profesional sesuai dengan tuntutan kurikulum.
  2. Kegiatan pembelajaran disusun berdasarkan atas satu tuntutan kompetensi dasar secara utuh.
  3. Pengalaman  belajar memuat rangkaian kegiatan yan harus dilakukan oleh siswa secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
  4. Kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered). Guru harus selalu berpikir kegiatan apa yang bisa dilakukan agar siswa memiliki kompetensi yang telah ditetapkan.
  5. Materi  kegiatan pembelajaran dapat berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
  6. Perumusan kegiatan pembelajaran harus jelas memuat materi yang harus dikuasai untuk mencapai Kompetensi Dasar.
  7. Penentuan urutan langkah pembelajaran sangat penting artinya bagi KD-KD yang memerlukan prasyarat tertentu.
  8. Pembelajaran  bersifat spiral (terjadi pengulangan-pengulangan pembelajaran materi tertentu).
  9. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan kegiatan pembelajaran siswa, yaitu kegiatan dan objek belajar.

 

Pemilihan kegiatan siswa mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. memberikan peluang bagi siswa untuk mencari, mengolah, dan menemukan sendiri pengetahuan, di bawah bimbingan guru;
  2. mencerminkan ciri khas dalam pegembangan kemapuan mata pelajaran;
  3. disesuaikan dengan kemampuan siswa, sumber belajar dan sarana yang tersedia
  4. bervariasi dengan mengombinasikan kegiatan individu/perorangan, berpasangan, kelompok, dan klasikal.
  5. memperhatikan pelayanan terhadap perbedaan individual siswa seperti: bakat, minat, kemampuan, latar belakang keluarga, sosial-ekomomi, dan budaya, serta masalah khusus yang dihadapi siswa yang bersangkutan.

 

6.   Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator merupakan penjabaran dari kompetensi dasar dan merupakan sub-kompetensi dasar. Indikator dirumuskan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan atau dapat diobservasi, sebagai acuan penilaian. Dengan demikian indikator pencapaian kompetensi mengarah pada indikator penilaian.

7.   Penilaian

Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator Di dalam kegiatan penilaian ini terdapat tiga komponen penting, yang meliputi: (a) teknik penilaian, (b) bentuk instrumen, dan (c) contoh instrumen.

a.  Teknik Penilaian

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan untuk menentukan tingkat keberhasilan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan. Adapun yang dimaksud dengan teknik penilaian adalah cara-cara yang ditempuh untuk memperoleh informasi mengenai proses dan produk yang dihasilkan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan dalam rangka penilaian ini, yang secara garis besar dapat dikategorikan sebagai teknik tes dan teknik nontes.

Teknik tes merupakan cara untuk memperoleh informasi melalui pertanyaan yang memerlukan jawaban betul atau salah, sedangkan teknik nontes adalah suatu cara untuk memperoleh informasi melalui pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban betul atau salah.

 

Dalam melaksanakan penilaian perlu diperhatikan prinsip-prinsip berikut ini.

1)      Pemilihan jenis penilaian harus disertai dengan aspek-aspek yang akan dinilai sehingga memudahkan dalam penyusunan soal.

2)      Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian indikator.

3)      Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan siswa setelah siswa mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.

4)      Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan siswa.

5)      Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan, berupa program remedi. Apabila siswa belum menguasai suatu kompetensi dasar, ia harus mengikuti proses pembelajaran lagi, sedang bila telah menguasai kompetensi dasar, ia diberi tugas pengayaan.

6)      Siswa yang telah menguasai semua atau hampir semua kompetensi dasar dapat diberi tugas untuk mempelajari kompetensi dasar berikutnya.

7)      Dalam sistem penilaian berkelanjutan, guru harus membuat kisi-kisi penilaian dan rancangan penilaian secara menyeluruh untuk satu semester dengan menggunakan teknik penilaian yang tepat.

8)      Penilaian dilakukan untuk menyeimbangkan berbagai aspek pembelajaran: kognitif, afektif dan psikomotor dengan menggunakan berbagai model penilaian,baik  formal maupun nonformal secara berkesinambungan.

9)      Penilaian merupakan suatu proses pengumpulan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip berkelanjutan, bukti-bukti otentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik.

10)  Penilaian merupakan proses identifikasi pencapaian kompetensi dan hasil belajar yang dikemukakan melalui pernyataan yang jelas tentang standar yang harus dan telah dicapai disertai dengan peta kemajuan hasil belajar siswa.

11)  Penilaian berorientasi pada Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator. Dengan demikian, hasilnya akan memberikan gambaran mengenai perkembangan pencapaian kompetensi.

12)  Penilaian dilakukan secara berkelanjutan (direncanakan dan dilakukan terus menerus) guna mendapatkan gambaran yang utuh mengenai perkembangan penguasaan kompetensi  siswa, baik sebagai efek langsung (main effect) maupun efek pengiring (nurturant effect) dari proses pembelajaran.

13)  Sistem penilaian harus disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan, penilaian harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil dengan  melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.

 

b.   Bentuk Instrumen

Bentuk instrumen yang dipilih harus sesuai dengan teknik penilaiannya. Oleh karena itu, bentuk instrumen yang dikembangkan dapat berupa bentuk instrumen yang tergolong teknik:

1)      Tes tulis, dapat berupa tes esai/uraian, pilihan ganda, isian, menjodohkan dan sebagainya.

2)      Tes lisan, yaitu berbentuk daftar pertanyaan.

3)      Observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi.

4)      Tes Praktik/ Kinerja berupa tes tulis keterampilan, tes identifikasi, tes simulasi, dan uji petik kerja

5)      Penugasan individu atau kelompok, seperti tugas proyek atau tugas rumah.

6)      Portofolio dengan menggunakan dokumen pekerjaan, karya, dan atau prestasi siswa.

7)      Penilaian diri dengan menggunakan lembar penilaian diri

Sesudah penentuan instrumen tes telah dipandang tepat, selanjutnya instrumen tes itu dituliskan di dalam kolom matriks silabus yang tersedia. Berikut ini disajikan ragam teknik penilaian beserta bentuk instrumen yang dapat digunakan.

 

 

Tabel 1. Ragam Teknik Penilaian beserta Ragam Bentuk Instrumennya

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

• Tes tertulis

 

• Tes pilihan: pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan dll.

• Tes isian: isian singkat dan uraian

 

• Tes lisan

 

• Daftar pertanyaan

 

• Observasi (pengamatan)

 

• Lembar observasi (lembar pengamatan)

 

• Tes praktik (tes kinerja)

 

• Tes tulis keterampilan

• Tes identifikasi

• Tes simulasi

• Tes uji petik kerja

 

• Penugasan individual atau kelompok

 

• Pekerjaan rumah

• Proyek

 

• Penilaian portofolio

 

• Lembar penilaian portofolio

 

• Jurnal

 

• Buku cacatan jurnal

 

• Penilaian diri

 

• Kuesioner/lembar penilaian diri

 

• Penilaian Penilaian antarteman

 

• Lembar penilaian antarteman

 

 

c.   Contoh Instrumen

Instrumen yang sudah tersusun, selanjutnya diberikan contoh yang dapat dituliskan di dalam kolom matriks silabus yang tersedia.  Namun, apabila dipandang hal itu menyu­lit­kan karena kolom yang tersedia tidak mencukupi, selanjutnya contoh instrumen penilaian diletakkan di dalam lampiran.

 

8.  Menentukan Alokasi Waktu

Alokasi waktu adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian suatu Kompetensi Dasar tertentu, dengan memperhatikan:

  1. minggu efektif per semester,
  2. alokasi waktu mata pelajaran, dan
  3. jumlah kompetensi per semester.

 

  1.  Menentukan Sumber Belajar

Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa: buku teks, media cetak, media elektronika, nara sumber, lingkungan alam sekitar, dan sebagainya.

 

IV. PENUTUP

Contoh silabus yang terdapat di dalam Lampiran 3 bukan contoh satu-satunya di dalam pengembangan silabus yang disusun berdasarkan Standar Isi. Untuk itu, diharapkan sekolah atau daerah dapat mengembangkan sendiri bentuk silabus yang lain.

 

Dalam pelaksanaan pembelajaran, silabus harus dijabarkan lebih operasional dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Association of College and Research Libraries (ACRL),  http://www.ala.org 

 

Courter, Gini (1999). Microsoft office 2000 user specialist study guide. Alameda: Sybex, Inc.

Graduate school of library & information science, http://www.simmons.eduz 

 

Hall, Gene E. (1986). Competencybased education : A Process for the improvement of education, Englewood Cliffs: Prentice Hall, Inc.

 

Merryfield, M.M., E Jarchow & Pickert (1997). Preparing teachers to teach global perspectives : A handbook for teacher educators. California: Carwin Press, Inc.

 

Ministerial Advisory Council on Quality of Teaching,  http://scs.une.edu.au

Mukminan, dkk (2002). Pedoman umum pengembangan silabus berbasis kompetensi, siswa menengah pertama (SMP). Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

 

Ohio ITTF (1999). Information technology competency profile.
http://www.itworks-ohio.org

 

School of Nursing and Midwifery, http://www.kcl.ac.uk

 

Virginia Community Colllege System (VCCS), http://www.nv.cc.va.us 

 


Lampiran 1

GLOSARIUM

 

Indikator: karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atau respons, yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk menunjukkan bahwa siswa itu telah memiliki kompetensi dasar tertentu.

 

Kecakapan hidup (life skill): kemampuan yang diperlukan untuk menempuh kehidupan dengan sukses, bahagia dan secara bermartabat, misalnya: kemampuan berfikir kompleks, berkomunikasi secara efektif, membangun kerjasama, melaksanakan peran sebagai warganegara yang bertanggung jawab, kesiapan untuk terjun ke dunia kerja.

 

Kecukupan (adequacy): mempunyai cakupan atau ruang lingkup materi pokok yang memadai untuk menunjang penguasaan kompetensi dasar maupun standar kompetensi.

 

Kompetensi dasar: kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh lulusan; kemampuan minimum yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk standar kompetensi tertentu dari suatu mata pelajaran.

 

Kompetensi lulusan: kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan lulusan suatu jenjang pendidikan yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

 

Konsistensi (ketaatasasan): keselarasan hubungan antarkomponen dalam silabus (kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran).

 

Materi pokok: bahan ajar minimal yang harus dipelajari siswa untuk menguasai kompetensi dasar

 

Membelajaran berbasis kompetensi: pembelajaran yang mensyaratkan dirumuskannya secara jelas kompetensi yang harus dimiliki atau ditampilkan oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.

 

Mendekatan hierarkis: strategi pengembangan materi pokok berdasarkan atas penjenjangan materi pokok.

 

Pendekatan prosedural: strategi pengembangan materi pokok berdasarkan atas urutan penyelesaian suatu tugas pembelajaran.

 

Pendekatan spiral: strategi pengembangan materi pokok berdasarkan atas lingkup lingkungan, yaitu dari lingkup lingkungan yang paling dekat dengan siswa menuju ke lingkup lingkungan yang lebih jauh.

 

Pendekatan terjala (webbed): strategi pengembangan pelajaran, dengan menggunakan topik dari beberapa mata pelajaran yang relevan sebagai titik sentral, dan hubungan antara tema dan sub-tema dapat digambarkan sebagai sebuah jala (webb).

 

Kegiatan pembelajaran: Menunjukkan aktivitas belajar yang dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan objek atau sumber belajar. Kegiatan pembelajaran dapat dipilih sesuai dengan kompetensinya, dapat diperoleh di dalam kelas dan di luar kelas. Bentuknya dapat berupa kegiatan mendemonstrasikan, mempraktikkan, mensimulasikan, mengadakan eksperimen, menganalisis, mengaplikasikan, menemukan, mengamati, meneliti, menelaah, dll., yang bukan kegiatan interaksi guru-siswa seperti mendengarkan uraian guru, berdiskusi di bawah bimbingan guru, dll.

 

Ranah afektif: aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek.

 

Ranah kognitif: aspek yang berkaitan dengan kemampuan berpikir; kemampuan memperoleh pengetahuan; kemampuan yang berkaitan dengan pemerolehan pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan,  dan penalaran.

 

Ranah psikomotor: aspek yang berkaitan dengan kemampuan melakukan pekerjaan dengan melibatkan anggota badan; kemampuan yang berkaitan dengan gerak fisik.

 

Relevansi:  keterkaitan, kesesuaian.

 

silabus: susunan teratur materi pokok mata pelajaran tertentu pada kelas/semester tertentu.

 

Standar kompetensi: kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran; kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki oleh siswa; kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam suatu mata pelajaran.

 

Strategi pembelajaran: dimaksudkan sebagai bentuk/pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

 

 

Lampiran 2

DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL

PADA PENYUSUNAN STANDAR KOMPETENSI DAN

KOMPETENSI DASAR

 

 

STANDAR KOMPETENSI

Contoh:

mendefinisikan                        mengidentifikasikan                            menyusun

menerapkan                             mengenal

mengkonstruksikan                  menyelesaikan

 

KOMPETENSI DASAR

Contoh:

mengidentifikasikan                mendemonstrasikan                             membuat

menunjukkan                           menafsirkan                                         menerjemahkan

membaca                                 menerapkan                                         merumuskan

menghitung                              menceritakan                                       menyelesaikan

menggambarkan                      menggunakan                                      menganalisis

melafalkan                               menentukan                                         mensintesis

mengucapkan                          menyusun                                            mengevaluasi

membedakan                           menyimpulkan

 

KETERANGAN:

  1. 1.      Satu kata kerja tertentu, seperti mengidentifikasikan, dapat dipakai baik pada standar kompetensi maupun kompetensi dasar; perbedaannya terletak bahwa pada standar kompetensi cakupannya lebih luas daripada pada kompetensi dasar.
  2. 2.      Satu butir standar kompetensi dapat dipecah menjadi beberapa butir kompetensi dasar.
  3. 3.      Satu butir kompetensi dasar, nantinya harus dipecah menjadi minimal 2 Indikator Pencapaian Kompetensi.
  4. 4.      Standar kompetensi dan kompetensi dasar belum memuat atau bukan merupakan Indikator Pencapaian Kompetensi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   : …………………………….

Kelas / Semester                   : VII / 1

Mata  Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam

Standar Kompetensi            : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembela-jaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

 Waktu

Sumber

Belajar

 Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

Besaran dan satuan
  • o Mencari informasi tentang besaran dan satuannya
  • o Merumuskan pengertian besaran dan satuan
  • o Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional
  • o Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi
  • o Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan
–  Mengindentifikasikan    besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan

–   Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran

–   Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana

Tes tertulis

Tes tulis

Tes tertulis

PG

Isian

isian

Pasangan besaran fisika yang benar ….

a. berat dan kilogram

b. kecepatan dan kg/jam

c. usaha dan joule sekon

d. massa dan newton

 

Satuan panjang dalam SI adalah ….

 

Panjang meja 100 cm seta dengan ….. m dan massa 100 gram setara dengan ……. kg

 

4×40’

Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

 

 

 

Suhu dan pengukuran –   Mencari informasi caramenggunakan termometer

–   Melakukan eksperimen cara membuat termometer sederhana berdasarkan sifat perubahan volum

–   Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.

–   Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat

–   Membuat  termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume

–   Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain

Tes tertulis

Tes unjuk kerja

Tes tertulis

Isian

Uji petik kerja produk

PG

 

 

Untuk mengukur suhu zat adalah ….

Buatlah termometer dengan menggunakan termometer tak berskala, air dan es

Termometer C menunjuk angka 45 0, ttermometer Fahrenheit menunjuk angka

a. 25           c. 81

b. 57           d. 113

4×40’

Buku siswa, LKS, termometer

 

 

 

 

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari Pengukuran
  • Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku
  • Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran
–   Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar

–   Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran

 

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

Ukurlah Panjang dan lebar meja yang kamu gunakan

 

 

Pilihlah alat yang sesuai untuk mengukur meja yang ada di hadapanmu

2 x 40’

Buku siswa, LKS, Alat-alat ukur
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   : …………………………….

Kelas / Semester                   : VII / 1

Mata  Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam

Standar Kompetensi : 2. Memahami kalsifikasi zat

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

 Waktu

Sumber

Belajar

 Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat

 

Asam, Basa, Garam
  • o Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam
  • o Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam
  • o Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH stik

 

 

 

 

–   Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai

–   Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam

–   Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan

 

 

 

 

Tes tertulis

 

 

 

 

 

 

 

Tes Unjuk kerja

 

 

Tes Unjuk kerja

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes identifikasi

 

 

 

Uji petik kerja prosedur

Berikut ini yangmerupakan

Sifat asam adalah ….

a. bersifat korosif

b. berasa pahit

c. kertas lakmus menjadi

biru

d. kertas lakmus tidak

berubah

 

Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan garan dari bahan-bahan yang tersedia

 

Tentukan besar, kecilnya keasaman suatu zat dengan menggunakan alat!

4×40’

Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

 

Sifat asam, basa pada bahan makanan –       Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan

 

 

–       Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur

Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan dengan menggunakan bunga kembang sepatu

2 x 40’

Buku siswa, LKS, alam sekitar
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

 

Unsur kimia –       Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya

–       Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya

–       Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur

–       Menuliskan nama dan lambang unsur

–       Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana

–       Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

PG

Tes isian

 

 

Tes uraian

 

 

PG

Lambang K merupakan nama unsur ….

a. Kalium    c. Karbon

b. Kalor       d. Kalsium

Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur

Tuliskan satu nama dan rumus kimianya

Rumus kimia asam sulfat adalah ….

a. H2SO4    c. H4SO2

b. HS2O4    d. H4S2O

3 x 40’

Buku siswa, dan referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.4 membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran

 

Unsur, senyawa dan campuran

 

–       Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran

 

–       Mengklasifikasikan materi secara sederhana

–       Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen

–       Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan

–       Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana

–       Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari

Tes unjuk kerja

Tes tulis

 

 

Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

Tes uraian

 

 

Tes identifikasi

Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang disediakan

Buatlah  bagan materi secara sederhan

 

Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen

3 x 40’

Buku siswa, contoh zat
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                 : …………………………….

Kelas / Semester                 : VII / 1

Mata  Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam

Standar Kompetensi          : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber

Belajar

 Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Wujud Zat

  • o Melakukan percobaan perubahan  wujud zat
  • o Mendiskusikan materi susunan partikel
  • o Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan
  • o Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas

 

 

 

–       Menyelidiki perubahan wujud suatu zat

–       Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran

–       Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan

 

–       Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

 

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes Unjuk kerja

 

Tes tulis

PG

PG

 Uji petik kerja produk

Tes uraian

Hujan merupakan peristiwa ….

a. menguap, mengembun

b. menguap, melebur

c. melebur, mengembun

d. mengembun, melebur

Gaya tarik antar partikel pada zat padat adalah ….

a. sangat kuat

b. kurang kuat

c. tidak tentu

d. selalu berubah

Lakukan percobaan adhesi dan kohesi dengan menggunakan alat dan bahan yang disediakan

JelaskanMengapa pada musim hujan tembok menjadi lembab ?

4×40’

Buku siswa, LKS dan alat-alat praktikum

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari

 

Pemuaian zat –       Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas

–       Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair

–       Menganalisis muai volum bebagai jenis zat cair

 

 

–       Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas

–       Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat

–       Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal

Observasi

 

Tes Unjuk kerja

 Tes tertulis

Lembar observas

Uji petik kerja prosedur dan produk

 uraian

Menggunakan alat  Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat

 

Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat

Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis….

 

4×40’

Buku siswa, LKS dan alat-alat praktikum

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 Kalor –       Melakukan percobaan kalor

–       Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan

–       Mencari informati tentang peristiwa mendidih dan melebur

–       Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor jenis dan suhu

 

–       Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat

–       Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan

–       Menyelidiki banyaknya  kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat

–       Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur

–       Menerapkan hubungan

Q = m.C. ∆t

Q = m.U dan Q = m.L         untuk meyelesaikan

masalah sederhana

Tes observasi

Tes tertulis

Observasi

observasi

Tes tertulis

Lembar observasi

isian

lembar observasi

Lembar observasi

Uraian

Pengamatan perubahan suhu dan perubahan wujud zat

Salah satu cara mempercepat penguapan yaitu dengan ………

 

Pengamatan kenaikan suhu, diperlukan kalor

 

Pengamatan pada saat mendidih dan melebur diperlukan kalor!

 

Hitung kalor yang diperlukan bila massa zat, kalor jenis dan kenaikan suhu diketahui

6×40’

Buku siswa, LKS, alat-alat praktikum

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   : …………………………….

Kelas / Semester                   : VII / 1

Mata  Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam

Standar Kompetensi          : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber

Belajar

 Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1 Membanding-kan sifat fisika dan sifat kimia zat

 

Sifat fisika dan sifat kimia

–     Melakukan percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia

–     Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

–       Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia

 

–       Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya

 

Tes unjuk kerja

Tes tertulis

Tes identifikasi

PG

Buatlah data dari hasil pengamatanmu tentang benda-benda yang mengalami perubahan fisika dan kimia

 

Perubahan fisika terjadi pada peristiwa ….

a. air menjadi es

b. kertas dibakar

c. nasi menjadi bubur

d. besi berkarat

2×40’

Buku siswa, LKS, alat dan bahan praktikum

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

 

Pemisahan Campuran

–  Mencari informasi tentang pemisahan campuran

–     Mengamati percobaan tentang penjernihan air

 

–     Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran

–       Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih

–       Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana

–       Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi )

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Isian

Tugas proyek

Lembar observasi

Disediakan bahan-bahan, kemudian pisahkan berdasarkan ukuran partikelnya ….

 

Lakukan tugas untuk penjernihan air secara sederhana

 

Rancanglah alat sederhana untuk menjernihkan air

 

2×40’

Buku siswa, LKS, alat praktikum

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.3 Menyimpulkan perubahan  fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana

Perubahan fisika dan perubahan kimia

–       Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia

–       Mrumuskan kesimpulan hasil percobaan  fisika dan kimia

–       Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia

–       Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan

Tes tertulis

Tes unjuk kerja

PG

Uji petik kerja

Gula larut dalam air merupakan perubahan fisika karena ….

a. terjadi zat baru

b. tidak terjadi zat baru

c. gula mencair

d.gula bereaksi

Tunjukkan melalui percobaan perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisika!

2×40’

Buku siswa, LKS dan alat praktikum
4.4 Mengindentif-ikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana

Reaksi kimia

–       Melakukan latihan tentang reaksi kimia

 

–       Mendiskusikan hasil kesimpulan tentang reaksi kimia

–       Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu

–       Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu

Tes tertulis

Tes tertulis

Isian

Uaian

Bila Asam sulfat dicampur dengan Natrium Hidroksida akan berubah warna menjadi ….

Buatlah kesimpulan tentang reaksi kimia berdasarkan perubahan warna

 

2×40’

Buku siswa
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   :  …………………………….

Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester                   : VII / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

 Waktu

Sumber

Belajar

 

 Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

 
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik

 

Gejala Alam Biotik dan Abiotik

  • Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar
  • Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar
  • Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar
  • Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar
–       Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  abiotik melalui pengamatan

–       Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  biotik melalui pengamatan

 

 

Observasi

Tes Tulis

Lembar observasi

PG

Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik?

a. bau

b. tumbuh

c. warna

d. ukuran

 

2 x 40’

Buku siswa, lingkungan, LKS  
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Gerak

  • Melakukan percobaan gerak lurus beraturan
  • Melakukan percobaan tentang gerak lurus berubah beraturan
  • Mengapllikasikan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari
  • Mencari informasi melalui referensi tentang konsep percepatan
–       Menemukan persamaan laju yang ditempuh

 

–       Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan  sehari-hari

–       Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu

 

–       Menyelidiki  GLBB dipercepat beraturan

 

–       Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari

 

Tes tulis

Testulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

PG

isian

Uraian

 

 

 

 

Isian

 

 

Isian

Ciri GLB memiliki kecepatan ….

a. dipercepat

b. tetap

c. diperlambat

d. beraturan

Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB …..

Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan waktu

Contoh Gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah …..

Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep ….

 

3 x 40’

Buku siswa, LKS, referensi  
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

 

Mikroskop

  • o Mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop
  • o Mengamati preparat jadi dengan menggunakan mikroskop
  • o Membuat  preparat basah

 

 

–       Mengenal bagian-bagian mikroskop

–       Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Tes identifi-kasi

Uji petik kerja prosedur

Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop!

 

Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud!

3 x 40’

Buku siswa, mikroskop, preparat  
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

 

Keselamatan Kerja

  • o Mencari informasi melalui referensi tentang keselamatan kerja
  • o Studi pustaka tentang alat bahan-bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam
–       Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara ama

 

–       Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit

 

–       Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium

 

Tes unjuk kerja

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

uji petik kerja produk

 

PG

PG

Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakuakan mikroskop!

Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang dapat diitemukan di laboratirium?

a. air

b. asam sulfat

c.  alkohol

d.  larutan   glukose

 

Apakah arti simbol di bawah ini?

 

 

 

a. bahan yang mudah terbakar

b. bahan yang beracun

c. alat mudah pecah

d. alat mudah mengalami korosi

2 x 40 ’

Buku siswa, Carta bahan berbahaya dan alat-alat praktektikum
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   :  …………………………….

Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester                   : VII / 2

Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

 Waktu

Sumber

Belajar

 Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

 

Ciri-ciri makhluk hidup

  • Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
  • Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup
  • Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia
  • Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
 

  • Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi

 

  • Membedakan ciri tumbuhan dan hewan

Tes tertulis

Tes kinerja

Tes tertulis

PG

Ter unjuk kerja produk

 

 

Uraian

 

Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu …

a. tumbuh membesar

b. memerlukan sumber energi

c. memerlukan oksigen untuk pembakaran

d. beradaptasi terhadap lingkungan*

Pilihlah tiga  mahluk hidup yang ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah laporannya!

Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan?

2 x 40’

Buku siswa, lingkungan, LKS

 

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki

 

Klasifikasi Makhluk hidup

  • Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme
  • Mengelompokkan organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu
  • Mencari informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
  • Melakukan klasifikasi klsifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki
  • Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya
 

  • Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup

 

  • Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom

 

  • Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati

 

Ter tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes unjuk kerja

PG

Uraian

Uraian

Uji petik  kerja produk

Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu

a. kepala

b. kulit

c. alat gerak*

d. ekor

Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup?

 

Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya!

 

Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya!

4 X 40’

Buku siswa, lingkungan, LKS

 

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme

Organisasi Kehidupan

  • Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop
  • Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia dan tumbuhan
  • Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ

 

  • Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
  • Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
  • Mendeskripsikan  keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
  • Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh

Tes unjuk kerja produk

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Uji petik kerja produk

Uraian

Uraian

Uraian

Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop!

 

Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun!

 

Amatilah bunga ”Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ penyusunnya!

 

Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung klorofil!

 

4 X 40’

Buku siswa, preparat, LKS

 

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   :  …………………………….

Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester                   : VII / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

 Waktu

Sumber

Belajar

 Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem

 

Ekosistem

  • Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem
  • Menggali informasi dari nara sumber/melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem danau)
  • Membuat beberapa model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan
  • Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
  • Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem
 

Observasi

Tugas

Lembar observasi

 

 

Tugas proyek

Gambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja kelompok! Presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan!

 

4 x 40’

Buku siswa, lingkungan, LKS

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

7.2 Mengindentifi-kasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

 

Keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
  • Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
  • Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka
 

  • Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
  • Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka

 

  • Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi

 

Tes tulis

Tes lesan

Tes tulis

Penugasan

Isian

Daftar pertanyaan

PG

Tugas rumah

Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila ….

 

Sebutkan 2 contoh hewan langka di P. Jawa!

 

Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka supaya ….

a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah

b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang

c. menambah keindahan alam

d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam

 

Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi

4 X 40’

Buku siswa, buku acuan, LKS
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan

 

Kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan

  • Studi pustaka untuk merumuskan konsep kepadatan populasi
  • Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan/atau gambar.

 

  • Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih

 

  • Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan

 

  • Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan

 

  • Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan

 

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Isian

Isian

isian

uraian

Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan air bersih akan ………………….

 

. Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan pangan akan ………………….

 

Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat  maka ketersediaan lahan akan …………………

 

Kemukakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika populasi penduduk terus meningkat

2 X 40’

Buku siswa, buku acuan, video, film, gambar,  LKS

7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

 

Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia

  • Studi pustaka untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran.
  • Melihat gambar dan/atau tayangan tentang aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan

 

  • Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas manusia
  • Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
  • Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.
 

  • Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

Penugasan

PG

Uraian

Tugas rumah

Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan adalah ….

a. menurunnya ketersediaan kayu

b. meningkatkan suhu udara secara global

c. menurunnya ketersediaan air tanah

d. meningkatknya kandungan oksigen di udara

Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur dapat ditekan serendah-rendahnya

Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi pencemaran lngkungan. Silahkan memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah, atau pencemaran air!

 

4 X 40’

Buku siswa, buku acuan, video, film, gambar,  LKS

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

 

 SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                                 :   …………………………….

Kelas                                     :   VIII

Mata Pelajaran                  :   IPA

Semester                               :   1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup

 

Pertumbuhan dan Perkembangan
  • Melakukan Studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan

 

  • Mencari informasi melalui nara sumber (ahli tumbuhan, ahli peternakan, petani, peternak) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

 

  • Mengamati melalui gambar/video proses metamorfosis dan perkembangan embrio pada ikan.
  • Melakukan percobaan n pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya
w  Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

 

w  Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup

 

 

 

w  Membandingkan metamorfosis dan perkembangan embrio ikan menjadi ikan dewasa

 

w  Membuat laporan hasil percobaan pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes Unjuk Kerja

Tes Uraian

 

 

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

 

 

 

Isian

 

 

 

 

Uji Petik Kerja Produk

Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup!

 

Deskripsikan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup !

 

Perubahan bentuk tubuh dari berudu hingga menjadi katak dewasa disebut ….

 

Deskripsikan pertumbuhan pada kacang hijau berdasarkan titik tumbuhnya!

 

4 x 40’ Buku siswa, carta metamorfosis dan metagenesis, video pertumbuhan dan perkembangan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia

 

Perkembangan manusia
  • Melihat gambar dan/atau tayangan perkembangan manusia

 

 

  • Mengkaji pustaka tentang karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia
  • Mencari informasi melalui nara sumber/ahli medis/Posyandu tentang perkembangan balita.

 

w  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa

 

w  Menjelaskan perbedaan karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

Tes isian

 

 

 

 

Uraian

Seorang manusia yang memiliki ciri baru mulai pandai berjalan ,diprediksikan berumur . . .

 

 

Kemukakan dua ciri fisik pada setiap tahap perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dewasa

!

4 x 40’ Buku siswa, carta, video perkembangan manusia
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

 

 

Sistem Gerak pada manusia
  • Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
  • Studi pustaka tentang anatomi dan fungsi tulang, otot, dan sendi
  • Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakityang berkaitan dengan tulang dan otot
  • Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
  • Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyususn rangka tubuh
 

  • Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya

 

 

  • Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Tes tulis

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

Penugasan

Tes PG

 

 

Tes isian

 

 

 

 

Tes identifikasi

 

 

Tugas rumah

Zat yang membedakan antara tulang rawan dan tulang keras adalah ….

 

 

Berdasarkan 4 gambar persendian berikut ini sebutkan 3 gambar yang termasuk sendi gerak !

 

Buatlah klipping tentang kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

4 x 40’

Buku siswa, video sistem gerak, carta sistem gerak
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.4  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan

 

Sistem Pencernaan pada manusia
  • Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem pencernaan pada manusia
  • Studi pustaka tentang jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya
  • Melakukan percobaan tentang kandungan zat yang ada di dalamnya (Uji makanan)
  • Studi kepustakaan untuk merumuskan pengertian pencernaan mekanik dan kimia
  • Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit  yang berkaitan dengan sistem pencernaan
  • Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
 

  • Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya

 

  • Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi,

 

  • Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Tes tulis

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

 

Tes tulis

Tes PG

 

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

Tes isian

 

 

Tes lisan

Bahan makanan yang mengandung lemak diubah menjadi asam lemak dan gliserol oleh ….

a. lambung

c. hati

b. pangkreas

d. usus

 

Sebutkan 3 contoh jenis makanan yang kandungan zatnya berupa karbohidra!

 

Hal yang membedakan pencernaan mekanik dan kimia adalah ….

 

Berikan dua contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernakan!

 

Bagaimana cara mengatasi diare karena infeksi kuman!

4 x 40’

Buku siswa, video sistem pencernaan, alat praktikum uji makanan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.5  Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

 

 

 

Sistem Pernapasan pada manusia

  • Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
  • Melihat gambar dan/ atau video tentang proses ekspirasi dan inspirasi pada proses pernapasan
  • Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit  yang berkaitan dengan sistem pernapasan

 

  • Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia

 

 

  • Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan
  • Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

Penugasan

Tes PG

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

Tugas rumah

Pertukaran udara secara difusi dilakukan pada ….

a. alveulus

b. Bronkus

c. tracea

d. polmo

 

Buatlah tabel perbedaan proses inspirasi dengan ekspirasi

 

Buatlah daftar nama kelainan dan daftar nama penyakit yang berhungan dengan sistem pernapasan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

 

4 x 40’

Buku siswa, video sistem pernapasan, carta sistem pernapasan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.6  Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

 

 

Sistem peredaran darah pada manusia

  • Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
  • Studi pustaka fungsi jantung, pembuluh darah, dan darah
  • Melihat carta dan/atau tayangan tentang peredaran darah manusia
  • Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit  yang berkaitan dengan sistem peredaran darah

 

  • Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia

 

 

 

  • Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah

 

  • Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Penugasan

Tes PG

 

 

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

 

Tugas rumah

Fungsi darah putih ….

a. mengangkut oksigen

b. mengangkut sari makanan

c. membunuh kuman

d. membawa karbondioksida

 

Deskripsikan susunan darah manusia !

 

 

Buatlah daftar nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

4 x 40’

Buku siswa, video sistem peredaran darah dan carta sistem peredaran darah
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                 :   …………………………….

Kelas                                     :   VIII

Mata Pelajaran                  :   IPA

Semester                               :   1 (satu)

Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan

 

 

Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
  • Mengamati struktur jaringan pada tumbuhan dengan menggunakan mikroskop
  • Mengidentifikasi letak epidermis, kortek dan stele dengan menggunakan carta struktur tubuh tumbuhan

 

 

  • Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun

 

  • Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan

 

  • Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan

 

Tes tulis

 

 

 

Tes Unjuk kerja

 

Tes tulis

Tes PG

 

 

 

Tes identifikasi

 

 

Tes uraian

Yang berfungsi mengangkut hasil fotositesis adalah ….

a. Xilem

c. Stomata

b. Floem

d.Lenti sel

 

Berdasarkan carta struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek dan letak epidermis

 

Deskripsikan fungsi jaringan meristem pada bagian ujung akar

4 x 40’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku siswa, mikroskop, preparat jadi, dan carta struktur tubuh tumbuhan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau

 

 

Fotosintesis
  • Studi pustaka untuk merumuskan tentang konsep fotosintesis dan transformasi energi
  • Melakukan percobaan proses fotosintesis
  • Mencari informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis
    • Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
 

 

 

 

 

  • Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis

 

  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

Tes tulis

Tes PG

 

 

 

 

 

 

 

Uji petik kerja produk

 

Tes uraian

Bagian daun yang melakukan foto sintesis adalah ….

a. plastida

c .lenti sel

b. stomata          d.kortex

 

Deskripsikan makna perubahan warna pada daun setelah ditetesi yodium

 

Sebutkan 2 faktor yang mempengaruhi pproses fotosintesis

4 x 40’

Buku siswa, alat praktikum percobaan fotosintesis
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2..3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan Gerak Tumbuhan
  • Studi pustaka untuk merumuskan macam-macam gerak pada tumbuhan
  • Mengidentifikasi berbagai macam gerak pada tumbuhan disekitar lingkungan
  • Melakukan percobaan gerak tropisme dan nasti
    • Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
    • Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

Tes PG

 

 

 

 

Tes isian

 

Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak ….

a. geotropis

c. Nasti

b. pototropis

d. tropis

 

Hal yang membedakan gerak tropisme dengan gerak nasti

yaitu ….

3 x 40’

Buku siswa, LKS
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.4  Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

 

Hama dan penyakit pada tumbuhan
  • Studi pustaka untuk merumuskan konsep hama dan penyakit
  • Melihat carta, gambar dan/atau tayangan video tentang contoh-contoh hama dan penyakit pada tumbuhan

 

 

 

 

  • Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit

 

  • Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

 

Tes tulis

 

 

Penugasan

Tes uraian

 

 

Tugas proyek

Deskripsikan perbedaan hama dan penyakit

 

Lakukanlah wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama penyakit tanaman dan membuat laporannya

2 x 40’

Buku siswa, Carta, video
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                 :   …………………………….

Kelas                                     :   VIII

Mata Pelajaran                  :   IPA

Semester                               :   1 (satu)

Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel materi

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul

 

Atom, ion dan molekul
  • Studi pustaka tentang atom, ion dan molekul
  • Mengidentufikasi contoh materi yang terdiri atas ion-ion
  • Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
  • Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.

 

Tes tulis

Tes tulis

Tes uraian

 

 

Tes PG

Deskripsikan pengertian  atom, ion dan molekul

 

 

 

2 x 40’

Buku siswa, referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3.2    Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari

 

Hubungan atom,ion dan molekul dengan produk kimia
  • Studi pustaka tentang hubungan atom, ion dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
  • Membaca isi kemasan produk kimia untuk memperoleh komponen penyusunnya

 

  • Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
  • Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia

Tes tulis

Tes tulis

Tes uraian

 

 

Tes uraian

Deskripsikan hubungan atom, ion dan molekul

 

Sebutkan komponen yang menyusun air accu

 

 

2 x 40’

Buku siswa, referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3..3 Membandi-ngkan molekul unsur dan molekul senyawa

 

 

Perbandingan molekul unsur dan molekul senyawa
  • Mengamati gambar perbedaan molekul unsur dengan molekul senyawa
  • Studi pustaka contoh-contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari
    • Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur .
    • Menunjukkan beberapa contoh  molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Tes tulis

Penugasan

Uraian

 

 

 

Tugas rumah

Kemukakan dengan menggunakan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur

 

Buatlah daftar contoh molekul sederhana yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

2 x 40’

Buku siswa, referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                 :   …………………………….

Kelas                                     :   VIII

Mata Pelajaran                  :   IPA

Semester                               :   1 (satu)

Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

 

Kimia Rumah Tangga
  • Mendata bahan kimia alami pada kemasan produk kebutuhan rumah tangga dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kegunaannya
  • Studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang bahan-bahan kimia yang berguna dalam produk kebutuhan rumah tangga
  • Mencari informasi melalui referensi/nara sumber tentang efek samping bahan kimia yang terdapat pada produk kebutuhan rumah tangga
  • Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
 

  • Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

Tes uraian

 

 

 

 

Tes isian

Sebutkan bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman !

 

Efek samping bahan pemutih pakaian menyebabkan ….

 

2 x 40’

Buku siswa, referensi, kemasan suatu produk
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.2 Mengkom-unikasi-kan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia

 

Kegunaan dan efek samping bahan kimia
  • Studi pustaka efek samping bahan kimia
  • Menelaah kemasan suatu produk untuk mendapatkan informasi tentang efek samping bahan kimia yang digunakannya
  • Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
  • Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk
 

 

Tes tulis

 

 

Tes unjuk kerja

Tes PG

 

 

Tes identifikasi

 

 

 

 

Tentukan efek samping bahan kimia yang terdapat pada kemasan makanan berikut ini!

2 x 40’

Buku siswa, referensi, kemasan suatu produk
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4..3 Mendeskri-psikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan Bahan kimia alami dan buatan
  • Mencari informasi melalui referensi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan
  • Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan kimia alami
  •  Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan kimia buatan

 

  • Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan

 

 

 

 

  • Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tugas rumah

Jelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan!

 

Kumpulkan kemasan makanan yang mencantumkan komponen penyusunnya. Buat laporan tentang bahan kimia alami dan buatan yang ada pada makanan tersebut!

 

4 x 40’

Buku siswa, referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.4 Mendeskri-psikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika Zat adiktif dan psikotropika
  • Studi pustaka tentang pengertian zat adiktif dan psikotropika
  • Mendata contoh zat adiktif
  • Mendata contoh zat psikotropika
  • Mencari informasi dari nara sumber tentang dampak negatif penggunaan zat adiktif dan psikotropika

 

  • Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika

 

 

  • Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

 

Tes tulis

Tes tulis

Tes uraian

 

 

 

 

Tes uraian

Apa yang dimaksud dengan :

a. Zat adiktif

b. Zat psikotropika

 

Jelaskan dampak negatif rokok dan minuman keras bagi kesehatan manusia !

2 x 40’

 
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.5 Menghinda-rkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika
  • Mencari informasi dari nara sumber tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
  • Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
  • Mendata zat adiktif dan  psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan

Tes tulis

 

 

 

Penugasan

Tes uraian

 

 

 

Tugas rumah

Bagaimanakah cara kita terhindar dari zat adiktif dan psikotropika? Jelaskan

 

Buatlah data  tentang zat-zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan

2 x 40’

 
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                                 :   …………………………….

Kelas                                       :    VIII

Mata Pelajaran                    :   IPA

Semester                                 :   2 (DUA)

Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

5.1      Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya

 

Gaya
  • Memetakan gaya-gaya yang ada pada suatu benda
  • Menentukan jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu benda
  • Menghitung resultan gaya segaris yang searah
  • Menghitung resultan gaya segaris yang berlawanan arah
  • Melakukan percobaan gaya gesek pada permukaan yang kasar dan licin
  • Merumuskan adanya gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari

Mencari perbedaan berat dan masa menggunakan alat

  • Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
  • Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
  • Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
  • Membandingkan berat dan massa suatu benda

Tes tulis

Tes unjuk kerja

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

Tes tulis

Tes uraian

 

 

 

Uji petik kerja produk

 

 

 

 

Tes isian

 

 

 

 

 

Tes uraian

Bila A memiliki gaya 10 N dan B 20 N  yang arahnya sama, Hitung resultan gayanya ?

 

Lakukan percobaan tentang gaya gesek pada permukaan licin dan permukaan kasar lalu bandingkan hasil dari kedua percobaan tsb.

 

Sebutkan contoh gaya gesek yang menguntungkan dan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Apakah perbedaan berat dan massa suatu benda?

 

 

4 x 40’

Buku siswa, neraca lengan dan neraca pegas, LKS
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.2      Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

 

 Hukum Newton
  • Melakukan percobaan hukum I, II, III Newton dengan menggunakan alat-alat.

 

  • Mengaplikasikan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendemonstrasikan hukum I Newton  secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendemonstrasikan hukum II  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendemonstrasikan hukum III  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
 

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Tes tulis

Uji petik kerja prosedur

 

 

Uji petik kerja prosedur

 

 

Tes uraian

Lakukan percobaan tentang Hukum I Newton

 

Lakukan percobaan tentang hukum II Newton.

 

Berikan contoh penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari

4×40’

Buku siswa, LKS, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.3      Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 
  • Studi pustaka untuk mendeskripsikan pengertian energi dan bentuk-bentuk energi

 

  • Studi referensi untuk membadingkan pengertia energi kinetik dan energi pitensial

 

  • Mencari informasi tentang hukum kekekalan energi

 

  • Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara daya, usaha dan kecepatan
    • Menunjukkan  bentuk-bentuk energi  dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
    • Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
    • Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak
    • Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari
 

  • Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha

 

  • Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari

 

Tes lisan

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

 

Daftar pertanyaan

 

 

Tes uraian

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

Isian

Apakah yang kamu ketahui tentang bentuk-bentuk energi ?

 

Dalam rangkaian listrik tertutup dengan sebuah lampu terjadi perubahan energi ….

 

Jelaskan perbedaan antara energi kinetik dan energi potensial.

 

Jelaskan hukum kekekalan energi dan berikan contohnya  dalam kehidupan sehari-hari.

 

Apakah perbedaan antara energi dan usaha ?

 

Daya merupakan kecepatan dalam melakukan ……

 

4×40 ‘

Buku siswa, buku referensi, LKS
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.4      Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  
  • Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana (Tuas, Katrol, bidang miring)

 

  • Diskusi untuk memecahkan masalah yang berhubunan dengan pesawat sederhana

 

 

 

  • Menunjukkan  penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi  (gear)

 

  • Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana

Tes unjuk kerja

Tes tulis

Uji petik kerja prosedur dan produk

 

 

 

 

 

 

 

Isian

Lakukan percobaan dengan menggunakan alat-alat untuk menemukan konsep pesawat sederhana

 

 

 

 

 

 

Untuk memudahkan melakukan pekerjaan digunakan ….

 

6×40’

Buku siswa, LKS, Alat-alat praktek
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.5      Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  
  • Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan
  • Melakukan percobaan bejana berhubungan
  • Melakukan percobaan tentang hukum pascal, hukum Archimides
  • Mencari informasi melalui lingkungan alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan Hukum Archimides
  • Studi lapangan untuk menemukan konsep tekanan
    • Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan
 

  • Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari

 

  • Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
  • Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari)

Tes unjuk kerja

Tes tulis

Tes unjuk kerja

Tes tulis

Tes tulis

Uji petik kerja prosedur dan produk

Tes isian

 

Uji petik kerja prosedur

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Tes isian

 

 

 

 

Tes uraian

Lakukan percobaan untuk menemukan konsep tekanan !

 

 

Sebutkan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan prinsip bejana berhubungan.

Lakukan percobaan untuk menemukan konsep hukum Pascal dan Hukum archimides.

 

Kelompokkan alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal ?

 

Mengapa tanggul di tepi sungai pada bagian bawah dibuat  agak lebih kuat dari pada bagian atas ?

 

8x 40’

Buku siswa, LKS, Alat-alat praktikum
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                 :   …………………………….

Kelas                                       :    VIII

Mata Pelajaran                    :   IPA

Semester                                 :   2 (DUA)

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

 

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

6.1 Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya Getaran dan gelombang
  • Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian getaran
  • Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan periode dan frekwensi suatu getaran
  • Menentukan besarnya periode dari hasil percobaan
  • Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan periode dan frekwensi suatu getaran
  • Menentukan besarnya periode dari hasil percobaan
  • Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian gelombang
  • Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
  • Menggali informasi dari nara sumber untuk menemukan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekwensi dan panjang gelombang

 

  • Mengidentifikasi  getaran pada kehidupan sehari-hari

 

  • Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran

 

 

  • Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal

 

  • Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang

 

 

 

 

 

Tes tulis

Tes tulis

Tes unjuk kerja

Tes tulis

Tes isian

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

Tes identifikasi

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskripsikan pengertian getaran !

 

 

Hitunglah frekuensi suat getaran bila periodnya 25 sekon.

 

Disediakan data percobaan, carilah perbedaan ciri gelombang longitudinal dan gelombang transversal.

 

Bila panjang gelombang 60 meter dan cepat rambat gelombang 100m/s. Hitunglah frekuensi gelombang?

 

 

 

 

 

6 x 40’

Buku siswa, LKS, alat-alat praktikum
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

6.2 Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

 

 Bunyi
  • Mencari informasi dari nara sumber untuk membedakan pengertian infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
  • Mencari informasi tentang pengertian bunyi
  • Melakukan percobaan tentang resonansi.
  • Mengaplikasikan pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari

 

  • Membedakan infrasonik, ultrasonik dan audiosonik

 

  • Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
  • Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi *)
  • Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam  dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi

Tes tulis

Tes unjuk kerja

Tes tulis

 Tes uraian

 

 

Uji petik kerja prosedur

 

 

 

 

 

 

Tes uraian

Jelaskan perbedaan antara infrasonik, ultrasonik, audiosonik.

Lakukan percobaan tentang resonansi dan buatlah kesimpulannya.

 

 

 

 

 

Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang pemanfaatan pemantulan bunyi.

4×40’

Buku sumber, buku referensi, LKS, alat praktek
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

 

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa  Cahaya
  • Melakukan pengamatan tentang jalannya sinar untuk menentukan sifat perambatan cahaya.
  • Melakukan percobaan tentang pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya
  • Menggali informasi dari nara sumber untuk mengenal sifatsifat bayangan pada cermin dan lensa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukikan  sifat-sifat perambatan  cahaya
  • Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan
  • Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan percobaan
  • Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
  • Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung

Penugasan

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tugas proyek

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

Tes uraian

 

 

Tes uraian

 

 

 

 

 

Tes uraian

Rancanglah percobaan untuk menunjukkan sifat perambatan cahaya.

 

 

Bagaimanakah bunyi hukum pemantulan cahaya ?

 

 

Bagaimanakah bunyi hukum pembiasan cahaya?

 

Lukiskan pembentukan bayanagan pada cermin cekung bila benda terletak antara F dan R, dan sebutkan sifat bayangannya?

 

Lukiskan pembentukan bayanga pada lensa cembung bila benda terletak di 2 F, dan sebutkan sifat bayangannya?

6×40’

Buku siswa, buku referensi,
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

6.4  Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Alat-alat Optik
  • Menggali informasi dari nara sumber untuk memperoleh penjelasan tentang fungsi mata sebagai alat optik dan tentang cacat mata

 

  • Studi pustaka  untuk membedakan ciri-ciri kamera dan lup sebagai alat optik

 

 

  • Melalui diskusi kelompok dapat dijelaskan cara kerja alat-alat optik yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
  • Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
  • Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
  • Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
  • Menjelaskan konsep  lup sebagai alat optik
  • Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan sebagainya *)

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes isian

 

Tes uraian

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

Tes uraian

Apakah funsi mata ?…

 

Gambarkan pembentukan bayangan pada retina ?

 

 

 

Apakah perbedaan antara  mata dan kamera sebagai alat optik?

 

 

Jelaskan cara kerja mikroskop dan gambarkan jalannya sinar hingga terbentuk bayangan.

4×40’

Buku siswa, buku referensi, alat-alat spt; mikroskop, lop, kamera
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                         : …………………………….

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )

Kelas                             : IX (Sembilan)

Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi: Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

1.1  Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

 

Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
  • o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem ekskresi pada manusia melalui studi pustaka
  • o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem ekskresi pada manusia
  • o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
  • Mendeskripsikan  bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
 

 

  • Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi

 

  • Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

 

 

 

  • Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

  • Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

  • Pemberian angket
  • PG
 

 

 

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Proyek

 

 

 

 

 

 

 

  • Angket

 

 

 

  •  Organ yang bentuknya mirip kacang dan berwarna merah maron adalah ….

a. Jantung

b. paru-paru

c. ginjal

d. hati

  •  Kemukakan fungsi sistem ekskresi yang dimiliki oleh tubuh manusia!
  •  Buatlah tulisan tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari!
  •  Lembar penilaian antar teman untuk menilai tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian proyek)
  • Angket model skala Likert

 

3 x 40’

Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia

 

Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
  • o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem reproduksi pada manusia melalui studi pustaka
  • o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem reproduksi pada manusia
  • o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem reproduksi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
  • Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
 

 

 

 

  • Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi

 

  • Menulis artikel tentang  cara  penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
  • Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Penugasan

 

 

 

 

 

  • § Penugasan

 

  • PG

 

 

 

 

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Tugas rumah

 

 

 

 

  • § Angket
  • Salah satu organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki adalah ….
  • Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita!
  • Buatlah tulisan tentang penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi!
  1. testes
  2. ovarium
  3. oviduct
  4. uterus

 

 

  • Angket skala perbedaan semantik

3 x 40’

Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.3  Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

 

Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
  • o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem kordinasi alat indera pada manusia melalui studi pustaka
  • o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia
  • o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
  • Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
 

 

 

 

 

 

 

  • Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
  • Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya

 

  • Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

  • · Tes unjuk kerja

 

 

  • Penugasan
  • PG
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

 

  • · Uji petik kerja

 

 

  • Tugas rumah

 

 

 

 

  • Perhatikan gambar sistem saraf berikut ini.

 

 

 

Bagian otak kecil dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor ….

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 3
  3. 3 dan 4
  4. 4 dan 1
  • · Deskripsikan fungsi otak besar!

 

 

 

  • · Dengan menggunakan model mata, tunjukkan dan deskripsikan fungsi bagian pupil dan retina
  • · Buatlah kliping tentang penyakit pada alat indra yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

3 x 40’

Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

 

 

 

 

 

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                         : …………………………….

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )

Kelas                             : IX (Sembilan)

Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi : 2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan

 

Kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup
  • o Melihat peristiwa mekanisme adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup melalui video/film
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup
  • Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
 

 

 

  • Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
  • Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
  • Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi     kelangsungan hidup
  • Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

  • Penugasan
  • PG
 

 

 

 

 

 

 

 

  • Isian

 

 

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Isian

 

 

 

 

  • Tugas rumah

 

 

  • Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan …..

a. hibernasi

b. reproduksi

  1. adaptasi

d. toleransi

  • Badak bercula satu hampir punah karena selain habitatnya rusak juga disebabkan ….

 

  • Hubungan interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan erat dengan  seleksi alam? Berikan contohnya!
  • Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki kemampuan untuk ….
  • Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis tumbuhan dan hewan
4 x 40’ Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

 

 
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya
  • o Merumuskan sifat gen dan kromosom
  • Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
  • Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat
 
  • Tes tertulis

 

 

 

 

  • Tes tertulis
  • Isian
 

 

 

 

  • Uraian
  • Materi genetis yang bertanggung jawab dalam penurunan sifat adalah ….
 

  • Kemukakan perbedaan pengertian resesif. Dominan dan intermediat!

 

  Buku siswa, buku referensi, gambar LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya Proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses pewarisan sifat pada mahluk hidup
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang besarnya peluang yang terjadi dalam pewarisan sifat pada mahluk hidup
  • Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
 

  • menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan

 

  • Tes tertulis

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Isian

 

 

  • Uraian

 

 

 

 

 

  • Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah ….
  • Organisme yang bergenotif BB di silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya hingga F2!

 

4 x 40’ Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.4 Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

 

Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, macam, dan manfaat bioteknologi yang mendukung kelangsungan hidup manusia
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi dalam produksi pangan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan
  • o Melakukan observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern yang dipakai di lingkungan rumah tangga
  • Mendefinisikan pengetian bioteknologi
  • Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
  • Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
 

 

  • Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)

 

  • Tes tertulis

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Penugasan

 

 

 

 

 

  • Penugasan
  • Uraian
 

  • Uraian

 

 

 

  • Tugas proyek

 

 

 

 

  • Tugas rumah
  • Definisikan pengertian bioteknologi!
  • Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
  • Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan laporkan hasilnya
  • Rencanakan dan lakukan pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya
 

 

4 x 40’ Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                         : …………………………….

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )

Kelas                             : IX (Sembilan)

Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi:  3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

 

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 
3.1  Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari Listrik statis
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang munculnya muatan listrik pada suatu benda, dan benda-benda yang dapat bermuatan listrik
  • Mengkaji variabel independen dan variabel dependen serta prosedur yang berkait dengan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
  • Merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan hasil percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

 

  • Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
  • Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
  • Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik

 

 

  • Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

 

  • Tes tertulis

 

 

  • Tes tertulis

 

 

  • Tes unjuk kerja

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Isian

 

 

 

  • Uji petik kerja prosedur

 

 

 

 

  • Uraian
  • Jelaskan proses benda tertentu dapat bermuatan bila digosok!
 

  • Berilah contoh peristiwa yang dapat menhasilkan benda sehingga dapat bermuatan listrik!
  • Lakukan percobaan untuk menunjukkan sifat muatan listrik dengan menggunakan alat-alat seperti plastik, kaca, kain wool, kain sutra, benang, statif.
  • Tentukan besar gaya tolak atau gaya tarik, bila muatan listrik benda A dan B serta jarak antara keduanya diketahui!
6×40’ Buku siswa, LKS, Alat-alat praktek  
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 
3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Listrik dinamis
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang arus listrik dan beda potensial listrik.
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan cara membuat rangkaian listrik baik secara seri maupun paralel.
  • Mengamati berbagai gambar rangkaian listrik baik secara seri maupun paralel untuk menemukan prinsip perangkaiannya
  • Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hambatan dari beberapa jenis bahan baik yang tergolong konduktor, semikonduktor, dan isolator, serta prosedur penerapan Hukum Kirchoff.
  • Memecahkan soal-soal yang berkait dengan perhitungan hambatan pengganti rangkaian listrik

 

  • Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
  • Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
  • Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.

 

  • Menyelidiki  hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm) #

 

 

  • Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
  • Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian

 

  • Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel
  • Tes tertulis
 

  • Tes unjuk kerja

 

 

 

  • Penugasan

 

 

 

  • Penugasan

 

 

 

 

 

  • Tes unjuk kerja

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Uraian

 

 

  • Uji petik kerja produk

 

 

  • Tugas rumah

 

 

 

  • Tugas proyek

 

 

 

 

 

  • Tes identifi-kasi

 

 

  • Uraian

 

 

 

 

  • Uraian
  • Jelaskan perbedaan antara arus listrik dan beda potensial listrik!
 

  • Buatlah bagan rangkaian seri dan paralel dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan!

 

 

  • Buatlah data simulasi dan buatlah tabel dan grafik sehingga dapat menunjukkan hubungan antara besarnya arus listrik dan beda potensial!
  • Lakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara arus listrik dan beda potensial dengan menggunakan alat-alat yang tersedia, laporkan baik secara tertulis maupun secara lesan melalui presentasi kelas
  • Disediakan bahan-bahan,Kelompokkan bahan-bahan yang termasuk konduktor, isolator dan semikonduktor!

 

  • Gunakan Hukum Kirchoff untuk menghitung V dan I pada rangkaian di bawah ini

 

Gambar rangkaian!

 

  • Hitunglah besarnya hambatan pengganti rangkaian listrik seri seperti yang tampak pada gambar di bawah ini1

 

Gambar rangkaian!

 

 

6×40’ Buku siswa, alat peraga, LKS
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3.3  Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Arus listrik
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang gaja gerak listrik, susunan elemen listrik, cara kerja elemen listrik,
  • Mempraktikkan cara tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
  • Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
  • Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
  • Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
  • Tes tertulis
 

  • Tes tertulis

 

  • Tes unjuk kerja
  • Uraian
 

 

  • Uraian

 

 

  • Uji petik kerja
  • Jelaskan apa yang dimaksud pengertian GGL (Gaya Gerak Listrik)!
  • Uraikan bagaimana prinsip kerja elemen listrik (primer dan sekunder)!
  • Ukurlah besar tegangan listrikdengan menggunakan Voltmeter!
 

 

2×40’ Buku siswa, buku referensi,Voltmeter
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3.4  Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Energi dan Daya listrik
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan ubungan antara V, I dan energi listrik, hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
  • Menyelesaikan soal-soal yang berkait dengan perhitungan penggunaan listrik
  • Melakukan eksperimen sedehana untuk menunjukkan perubahan energi listrik ke bentuk energi lain
  • Mengkaji cara-cara yang tepat untuk melakukan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan dasar teori yang mendukung berdasar kajian pustaka
  • Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
  • Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
  • Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
  • Menunjukkan perubahan energi listrik   menjadi  energi bentuk lain
 

  • Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.

 

  • Tes tertulis

 

  • Tes tertulis

 

 

  • Penugasan

 

 

 

 

  • Penugasan

 

 

  • Tes unjuk kerja

 

  • Uraian

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Tugas rumah

 

 

 

 

  • Proyek

 

 

 

  • Uji petik kerja prosedur
  • Tentukan energi listrik yang digunakan bila tegangan dan kuat arus diketahui!
  • Tentukan energi listrik dalam satuan KWh bila daya listrik diketahui dalam satuan joule!
 

  • Lihatlah KWh meter yang ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai selama 1 bulan!

 

 

  • Lakukan percobaan tentang energi listrik, kemudian amati perubahan energi listrik yang terjadi!
  • Ceritakan bagaimana cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari?
6×40’ Buku siswa, LKS, Voltmeter, Ampermeter, kabel-kabel penghubung
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                                   : …………………………….

Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas                                       : IX (Sembilan)

Semester                                 : 2 (Dua)

Standar Kompetensi: 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

4.1    Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet

Gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
  • o Mengkaji pustaka untuk mencari karakteristik sifat kutub magnet, sifat medan magnet, dan pengertian teori magnet bumi
  • o Merumuskan  karakteristik sifat kutub magnet, sifat medan magnet, dan pengertian teori magnet bumi
  • o Mempratikkan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
  •  Menunjukkan sifat kutub magnet
  • Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
  •  Memaparkan teori kemagnetan bumi
  •  Menjelaskan sifat  medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik
 
  • Tes unjuk kerja
  • Tes unjuk kerja

 

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes identifikasi
  • Uji petik kerja produk
 

  • Uraian

 

  • Uraian
  • Tunjukkan bagian-bagian magnet pada magnet batang!
  • Lakukanlah cara untuk membuat magnet jika disediakan besi lunak dan magnet batang
  • Jelaskan tentang teori kemagnetan bumi!
  • Jelaskan arah arus listrik dan arah medan magnet disekitar kawat berarus listrik!
  3×40’ Buku siswa, LKS, magnet batang, statif dan benang nilon, serbuk besi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.2    Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi Pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
  • o Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang prinsip dari kinerja  elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi
  • Menyelidiki penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari
  •  Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi
  •  Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari
 

 

  • Menyadari pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
  • Tes tertulis
 

 

 

 

  • Penugasan

 

 

 

 

 

  • Pemberian angkat
  • Uraian
 

 

 

 

  • Tugas rumah

 

 

 

 

  • Angket
  •  Jelaskan cara kerja sebuah bel listrik.
 

 

 

  •  Datalah alat-alat listrik yang ada dirumahmu dan kelompokkan yang prinsip kerjanya menggunakan gaya Lorenzt!

 

 

  •  Angket model skala Likert
3×40’ Buku siswa, bel listrik, buku refernsi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.3    Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik Konsep induksi elektromagnetik dan prinsip kerja alat yang mendasarkan prinsip induksi elektromagnetik
  • o Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi, prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana, dan karakteristik transformator serta penerapannya
  • o Merancang dan melaksanakan percobaan untuk mengungkap hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi

 

  •  Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan
  •  Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana
  •  Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana cara kerja transformator
  •  Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik  dan terjadinya gaya gerak listrik induksi  melalui percobaan

 

  • Tes tertulis

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Tes unjuk kerja

 

 

  • Uraian

 

 

 

 

 

  • Uraian

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Uji petik kerja

 

 

  •  Jelaskan arah garis gaya di dalam medan magnet!

 

 

 

 

  •  Jelaskan prinsip kerja generator arus searah!

 

  •  Jelaskan cara kerja transformator (transformator step-up dan trafo step-down)!

 

  •  Lakukan percobaan untuk menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik  dan terjadinya gaya gerak listrik induksi
4×40’ Buku siswa, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   : …………………………….

Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas                                       : IX (Sembilan)

Semester                                 : 2 (Dua)

Standar Kompetenai: 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

5.1. Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya Sistem tata surya
  • o Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang pengertian sistem tata surya, peredaran bulan, peredaran bumi, gravitasi, orbit dan hal-hal yang berkait dengan perbandingan antar planet.
  • o Merumuskan pengertian tentang sistem tata surya, peredaran bulan, peredaran bumi, gravitasi, orbit dan hal-hal yang berkait dengan perbandingan antar planet.
  • Mendeskripsikan  peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
  •  Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya
  • Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya dengan  menggunakan tabel
  • Tes tertulis
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Tes unjuk kerja

 

 

  • Tes tertulis

 

  • PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

 

  • Uji simulasi

 

 

  • Uraian

 

 

 

 

 

 

  • Pergerakan bulan mengelilingi matahari menurut arah ….

a. berlawanan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari

b. sesuai dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari

  1. tidak ada hubungannya dengan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari

d. berlawanan dengan pergerakan matahari mengelilingi bumi

  • Kemukakan apa pengertian  gaya gravitasi!

 

  • Tunjukkan arah orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya yang tersedia!

 

  • Gunakan tabel yang tersedia untuk menunjukkan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, dan jarak rata-rata ke matahari!
4×40’ Buku siswa, buku referensi, alat peraga, model tata surya
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.2.  Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet Matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
  • o Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang pengertian matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet, macam lapisan-lapisan penyusun, beserta perilakunya
  • o Merumuskan pengertian tentang bintang dan planet, deskripsi dari macam lapisan penyusun, serta deskripsi karakteristik perilakunya
  • Mendeskripsikan  matahari sebagai salah satu bintang
  • Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari
  • Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
  • Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi.
 
  • Tes tertulis

 

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

  • Tes tertulis

 

  • Tes tertulis

 

  • PG

 

 

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Isian

 

 

  • Uraian
  •  Matahari merupakan ….
  •  Matahari merupakan sumber energi, bahan-bahan apa saja  yang terkandung pada matahari!
  • Susunan lapisan matahari terdiri dari 1)…,2)…,3)…..,4)…..
  1. Bintang
  2. satelit
  3. Planet
  4. meteor

 

  • Jelaskan bagaimana karakteristik perilaku bumi!
3×40’ Buku siswa, buku referensi, charta
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.3  Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya Gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
  • o Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
  • o Merumuskan pengertian tentang gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
  • Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi
  • Mendiskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut
 

 

 

  • Menjelaskan fungsi   satelit buatan.

 

  • · Tes tertulis

 

 

  • · Tes tertulis

 

 

 

 

 

 

  • · Tes tertulis

 

  • Uraian

 

 

 

  • PG

 

 

 

 

 

 

 

  • isian

 

 

  •  Jelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi!
  •  Gerhana matahari terjadi bila ….

a. bulan diantara matahari dan bumi

b. bumi diantara matahai dan bulan

  1. bulan dianatara matahari dan pluto

d. bumi diantara matahari dan pluto

  •  Fungsi satelit buatan adalah ….

 

4×40’ Buku siswa, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.4  Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait denganperubahan zat dan kalor

 

Proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait denganperubahan zat dan kalor
  • o Menkaji pustaka untuk menggali hal-hal yang berkait dengan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait denganperubahan zat dan kalor
  • o Merumuskan hubungan antara proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer denganperubahan zat dan kalor
  • Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor
  • Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor
 
  • Tes tertulis

 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

 

 

 

 

  • Jelaskan pengaruh proses yang terjadi pada lapisan litosfer?

 

  • Jelaskan pengaruh proses yang terjadi pada lapisan atmosfer?

 

 

 

 

 

6×40’ Buku siswa, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.5   Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

 

Hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
  • o Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
  • o Merumuskan pengertian hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
  • Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
  • Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
  • Menjelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
  • Menyadari bahayanya pengaruh negatif  proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia
  • Tes tertulis
 

 

  • Tes tertulis

 

 

 

  • Tes tertulis

 

 

  • Pemberian angket
  • Uraian
 

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

  • Angket
  • Jelaskan proses pelapukan di lapisan bumi?
 

  • Jelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi.

 

  • Jelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia

 

  • Angket dengan skala Likert
3×40 ’ Buku siswa, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

  ……………, ………………  20 ….

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( …………………………………. )

NIP/NIK : ……………………………….

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: